Sebelum KKN Pembimbing Dibekali

KUNNGAN (MASS)- Sebanyak 40 dosen pembimbing lapangan (DPL) kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Kuningan (Uniku) tahun 2018, mengikuti kegiatan workshop pembekalan DPL. Acara ini diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniku  di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Sabtu (30/06/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Uniku  Dr Dikdik Harjad SE , Ketua LPPM Oding Syafrudin MM,  Kabag Penelitian Erlan Darmawan, M.Kom. Lalu, Kabag Pengabdian Tatang Rois, M.Si., Kabag Publikasi Jurnal Online Yayan Suryana MPd,  Koordinator Pembekalan Dadang Solihat MPd  BI., dan tamu undangan lainnya.

Menurut Ketua LPPM Uniku Oding Syafrudin kegiatan workshop pembekalan KKN 2018 itu diikuti oleh 40 dosen pembimbing lapangan (DPL). Untuk pesertanya sendiri, KKN 2018 diikuti oleh 1.002 mahasiswa.

Dijelaskannya, tujuan diselenggarakannya kegiatan workshop pembekalan DPL ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang tugas DPL dan membimbing peserta KKN secara optimal di lapangan atau di desa sesuai dengan tema.

“Yang paling utama adalah dosen DPL ini memiliki peran yang sangat strategis. DPL harus bisa membimbing, membina, mengkoordinir dan memberikan solusi jika para peserta KKN menemukan permasalahan. DPL adalah orang pilihan dan terpilihnya sesuai dengan persyaratan,” jelasnya.

Lebih lanjut,  untuk temanya sendiri KKN 2018 adalah “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal”. DPL harus mampu menterjemahkan pemberdayaan pada desa-desa lokal dan pemberdayaan dalam arti peningkatan kapasitas harus menjadi program utama kegiatan.

“Setelah workshop DPL pada hari ini, akan dilanjutkan dengan pembekalan bagi para peserta yang akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa besok,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Uniku  Dr  Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan KKN ini merupakan salah satu kegiatan akademik. Dari tahun ke tahun, pelaksanaan KKN ini selalu dilakukan evaluasi dan perbaikan dengan tujuan agar pelaksanaan tahun-tahun kedepannya bisa lebih baik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada LPPM Uniku yang selalu konsisten setiap tahunnya melakukan evaluasi dengan tujuan agar pelaksanaan KKN setiap tahunnya itu bisa lebih baik lagi. Yang paling utama dari KKN itu adalah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa yang ditempati KKN tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar bagi keberlangsungan kegiatan KKN tersebut. DPL harus mampu membimbing, membina dan memberikan pemaparan serta penjabaran dari tema KKN 2018 itu sendiri mengenai “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal” agar betul-betul dapat dimengerti oleh para peserta KKN.

Dirinya berharap, agar pelaksanaan KKN 2018 yang akan dilaksanakan di dua (2) Kabupaten yaitu Kuningan dan Majalengka itu, bisa berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya hambatan.

“Saya berharap, semoga pelaksanaan KKN 2018 yang akan dilaksanakan di dua  kabupaten tersebut, bisa berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya hambatan. Yang paling terpenting adalah adanya peningkatan kualitas dan bisa memberikan manfaat,” harapnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com