Rektor Beber Keberhasilan Uniku

KUNINGAN (MASS)- Selain menerangkan jumlah wisudawan, Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi SE MSi juga membeberkan perkembangan perguruan tingggi kebanggan warga Kuningan ini.  Uniku memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kualitas melalui upaya meningkatkan peringkat akreditasi sebagai bentuk akuntabilitas mutu akademik  kepada masyarakat.

“Alhamdulillah,   berdasarkan Surat Keputusan  BAN-PT: No. 5276/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017tanggal 27 Desember 2017 Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum telah mendapatkan Akreditasi B,” ucapnya.

Kebahagiaan tersebut semakin lengkap, setelah pada tanggal 8 Agustus 2018 Gedung berlantai 3 Fakultas Hukum  yang berada di sebelah utara gedung ini diresmikan penggunaanya oleh Bupati KuninganSatu tahun yang lalu ketika menyampaikan pidato dalam wisuda ke 21, ia  menyampaikan bahwa Uniku  akan segera mengajukan Akreditasi Institusi. 

Berkat kerja keras dari segenap civitas akademika akhirnya berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 97/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2018 Tanggal 2 Mei 2018 Universitas Kuningan meraih Akreditasi Institusi Peringkat B. Dengan raihan tersebut menjadikan Uniku sebagai PTS ke39 dari 478 PTS di Jawa Barat dan Banten yang meraih Peringkat Akreditasi B.

Diterangkan, upaya peningkatan kualitas akademik, juga dilakukan melalui peningkatan kualitas publikasi ilmiah sebagai media untuk menyebarluaskan hasil penelitian para dosen Pada tanggal 10 Juli 2018  English Review: Journal of English Education yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP telah berhasil terakreditasi Sinta peringkat 2 dari Kemenristekdikti.  

” Prodi Pendidikan Bahasa Inggris  sebagai satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Jawa Barat dan Banten yang memiliki Jurnal yang terakreditasi Sinta-2,” tandasnya.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Uniku dan barangkali sesuai dengan filosofi “Leutik-Leutik Kuda Kuningan”. Kebanggaan  terus bertambah karena pada waktu yang bersamaan Jurnal UNIFIKASI yang dipublikasikan oleh Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum  dan Indonesian EFL Journal yang dipublikasikan oleh Pusat Bahasa Uniku juga telah terakreditasi SINTA Peringkat 3 dari Kemenristekdikti. 

Raihan ini menjadikan Prodi Ilmu Hukum sebagai Prodi Ilmu Hukum ke-4 di Jawa Barat dan Banten yang memiliki jurnal ilmiah yang terakreditasi SINTA-3 dari Kemenristekdikti.  Tanpa kerja keras maka keberhasilan itu takan tercapai.

“Kami ucapkan selamat kepada para pengelola jurnal ERJEE, UNIFIKASI dan Indonesian EFL atas raihan prestasi ini, semoga akan memotivasi jurnal yang lainnya agar dapat terakreditasi SINTA dari kemenristekdikti.,” harapanya.

Dibidang Penelitian, pada tahun 2018 penelitian yang dihasilkan sebanyak 110 judul dengan rincian , berasal dari pembiayaan Internal = 99 Judul, Pembiayaan Dikti = 11 Judul dengan total dana sebesar : Rp.647.060.000,. Sedangkan Angka Partisipasi Penelitian Uniku saat ini mencapai 68% naik 9% jikadibandingkan tahun 2017 yang mencapai 59%. 

Dibidang kerjasama, lanjut dia, Uniku  terus berupaya untuk memperluas jejaring dengan berbagai lembaga dalam rangka penguatan mutu di Universitas Kuningan.  Beberapa kerjasama di dalam negeri yang telah dilakukan di tahun 2018 ini  yakni Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Universitas Ahmad Dahlan Yoyakarta. 

Sementara Kerjasama Internasional yang telah dilakukan pada tahun 2018 ini adalah dengan University Sabah Malaysia.  Saat ini  juga sedang menjajagi kerjasama dengan  Central Mindanau University, PhilipinaUniversity Brunei Darussalamdan Universitat Ramon LIull, Barcelona Spanyol.

Implementasi dari program kerjasama tersebut diantaranya  Pada bulan Januari 2018,  Uniku mengirimkan 14 orang mahasiswa Program Studi Manajemen S2  untuk mengikuti Sit In Programme di Rajamanggala University of TeckhnologyKrungtrep Bangkok Thailand. Lalu, Pada bulan Maret 2018 kami mengirimkan 36 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi S2 untuk mengikuti International Lecture di Rajamanggala University of TeckhnologyKrungtrep Bangkok Thailand.

“Dan yang membanggakan Insya  Allah bulan September 2018, kami akan kedatangan 3 orang mahasiswa dari University Utara Malaysia yang akan belajar selama 1 semester di fakultas Ilmu Komputer UNIKU sebagai bagian dari Program Student Exchange antara UNIKU dengan University Utara Malaysia,” pungkasnya.

Pad acara wisuda hadir  Kepala L2DIKTI Jabar dan Banten Prof Dr Uman Suherman AS, MPd, Bupati Kuningan Acep Purnama SH MH, Wakil Ketua DPRD Toto, Kapolres Kuningan Iman Setiawan SIK, Dandim 0615 Kuningan Let Inf Daru, Kepala Kejaksaan dan Pengadilan Kuningan,. Kemuidan,  Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Djuhari, Ketua Dewan Pengurus YPSAK Drs Uri Syam SH MH,. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com