Ratusan Guru Dilatih Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

KUNINGAN (Mass) – Dalam rangka penilaian angka kredit Guru Sekolah Dasar (SD) sewilayah Kecamatan Kuningan, sebanyak 120 guru SD mendapatkan pelatihan dari UPTD Pendidikan SD Kecamatan Kuningan. Pelatihan juga dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi kerja guru, agar mampu diterapkan di masing-masing sekolah kepada para peserta didiknya.

“Acara ini untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru Sekolah Dasar (SD). Makanya, kita gagas untuk menggelar kegiatan publikasi ilmiah dan karya inovatif, yang tadi dibuka langsung Pak Kadisdikpora Kuningan, Dr A Taufik Rochman MSi,” ucap Kepala UPTD Pendidikan SD Kecamatan Kuningan, Abidin MPd saat ditemui kuninganmass.com disela-sela acara, Jumat (21/4).

Menurutnya, seorang guru dituntut agar terus memperbaharui segala sesuatu tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan melalui informasi kekinian. Sebab, pengetahuan itu selalu berkembang sehingga harus selalu meng-update info-info terbaru dari kementrian pusat.

“Narasumber intinya adalah guru yang sudah mendapatkan pelatihan dari Batam. Kegiatan ini juga sebetulnya kegiatan yang harus dilaksanakan untuk desiminasi dan laporan ke kementrian,” jelasnya.

Dikatakan, acara serupa juga kerap digelar namun dengan tema yang berbeda. Sebab, leading sektor kegiatan ini digagas oleh forum kelompok kerja guru (KKG) Kecamatan Kuningan. “Peserta disini juga perwakilan dari tiap gugus dari delapan gugus yang ada di Kuningan. Hasilnya, nanti dari kegiatan ini akan bermanfaat pada saat guru terkait akan kenaikan pangkat, untuk mendapatkan nilai pengembangan diri dengan sertifikat yang didapatkan,” terangnya.

Abidin yang juga dipercaya sebagai salah satu pemateri pada pelatihan itu mengaku, kegiatan yang digelar merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei mendatang. Bahkan, pihaknya berkomitmen akan terus mendorong wilayah Kuningan untuk menjadi kabupaten pendidikan.

“Karena itu, nanti pada tanggal 30 april kita adakan lomba mewarnai TK dan PAUD, lalu dilanjut lomba nyanyi dan fashion anak-anak TK dan PAUD. Kita mengemas baragam acara dan perlombaan itu dengan konsep variatif ilmiah dan hiburan,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia, Iwan Gunawan SPd menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi informasi tentang publikasi ilmiah dan karya inovatif. Sekaligus, hal ini dalam rangka menyongsong Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan dan dalam rangka pemenuhan angka kredit guru.

“Sebab, selama ini memang harus disesuaikan dengan Permen yang berlaku, harus adanya pengembangan diri guru. Peserta sendiri ada 120 guru maupun kepala sekolah dari setiap sekolah yang ada di Kecamatan Kuningan,” sebutnya.

Pihaknya berharap, adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan bagi guru tentang bagaimana menyikapi angka kenaikan kredit, yang mana hal itu dinilai sebagai kewajiban bagi guru untuk dipenuhi. Tak hanya itu, peserta dituntut juga berbagi tugas yang include pada pelatihan tersebut, sekaligus mampu menyusun publikasi ilmiah dan karya inovatif.

“Narasumber kami mengambil dari Disdikpora, UPTD SD Kecamatan Kuningan, dan juga dari Forum KKG Kecamatan Kuningan. Materi yang disajikan yakni ada kebijakan Disdikpora, Teknik Penulisan Akademis, Karya Inovatif dan Publilkasi Ilmiah non Penelitian serta Publikasi Ilmiah Penelitian, dengan jumlah 32 jam pelajaran selama tiga hari kedepan,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com