Potensi Desa Dipamerkan

KUNINGAN (MASS) – Berbagai potensi desa di Kabupaten Majalengka lebih tepatnya di Kecamatan Banjaran, Talaga, Maja, Argapura, Sindang dan Rajagaluh dipamerkan pada ajang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Expo. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan (Uniku), Minggu (12/08/2018).

Acara yang dipusatkan di Alun-Alun Kabupaten Majalengka (Depan Pendopo) tersebut, secara resmi dibuka Bupati Majalengka yang diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) II Drs Abdul Gani, MSi. Dalam kesempatan itu juga, turut hadir juga perwakilan dari Pimpinan SKPD Majalengka, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) DrsUri Syam, SH MH, beserta jajarannya.

Lalu, perwakilan BUMD Majalengka, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr Dikdik Harjadi, SE MSI  beserta jajaran Pimpinan Rektorat. Selanjutnya,  Dekanat dan Ketua Program Studi (Prodi) serta para dosen pembimbing lapangan (DPL) dan staf tenaga kependidikan yang ada di lingkungan Universitas Kuningan.

Rektor Uniku  Dikdik Harjadi, mengatakan, melalui kegiatan KKN Expo Uniku ini, bisa menjadi sarana informasi bagi seluruh kalangan masyarakat yang ingin lebih dekat mengenal berbagai potensi desa yang tersebar di enam kecamatan. Kecamatan itu adalah  Banjaran, Talaga, Maja, Argapura, Sindang dan Rajagaluh.

Contoh sederhana lanjut Dikdik, monitoring yang dilakukan ke desa-desa, banyak menemukan berbagai potensi desa mulai dari makanan, minuman yang bisa dirubah menjadi aneka makanan dan minuman yang jadi ciri khas dari sebuah desa dan memiliki nilai jual yang dapat meningkatkan perekonomian. Bahkan sampai dengan potensi pariwisata juga ada.

“Belum banyak yang bisa dilakukan karena waktunya sedikit. Tetapi ini merupakan kontribusi nyata yang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN menjadi pengembangan untuk Kabupaten Majalengka. Potensi pasar bagi Kabupaten Majalengka yang menjadi unggulan. Sentuhan kemasan dan inovasi, membuka kesempatan dan mengembangkan produk-produk yang dibuat oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN Uniku,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka yang diwakili oleh Asda II Drs Abdul Gani MSi, dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terimakasih kepada Universitas Kuningan atas kepercayaannya dan kerjasamanya melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Majalengka. KKN ini  untuk yang kedua kalinya dengan tema pemberdayaan potensi desa.

Setelah acara pembukan dan peresmian KKN Expo, Asda II bersama Rektor Universitas Kuningan, Ketua Pengurus YPSAK serta tamu undangan lainnya, berkeliling mengitari stand-stand potensi desa dan poster dari potensi desa yang dipamerkan oleh mahasiswa dan mahasiswi di KKN Expo Uniku 2018. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com