Pertama Kali Seminar Dalam Bentuk Pagelaran Wayang

KUNINGAN (MASS)- Ada yang  unik dalam penyelenggaraan seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaku) Fakultas Ekonomi (FE) Uniku . Dalam  Seminar yang berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku itu, diselenggarakan dalam bentuk pagelaran wayang dengan menghadirkan dalang Ki Aan Anjasmara Hamzah HS dari Pusaka Aria Kamuning 3.

“Alhamdulillah, dalam seminar dengan bentuk pagelaran wayang tersebut, yang merupakan baru pertama kalinya digelar  dan  diikuti oleh 350 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa  Uniku,” kata Mia Muamiroh , Rabu (9/05/2018).

Diterangkannya, kegiatan seminar dalam bentuk pagelaran wayang itu, merupakan salah satu bagian dari program kerja Himaku FE Uniku. Seminar ini adalah salah satu proker dari Hima FE Uniku.

Dengan diselenggarakannya kegiatan seminar dalam bentuk pagelaran wayang itu, diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan mengenai materi-materi yang disampaikan oleh dalang serta dapat melestarikan budaya asli Indonesia.

“Disamping kita mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat, kita juga ingin melestarikan budaya asli Indonesia yaitu wayang golek. Mun ceuk urang sunda mah elmu na meunang, sakantenan urang ngamumule budaya ongkoh,” sambungnya.

Sementara,  Ketua Program Studi (Prodi) Akuntansi FE Uniku Enung Nurhayati, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, seminar yang bertemakan “Neduk Cikur Kedah Mihatur, Nyokel Jahe Kedah Micarek” (Tidak Boleh Korupsi atau Mencuri, Apabila Ingin Mengambil Sesuatu Harus Seizin Pemiliknya) dengan menghadirkan dalang Ki Aan Anjasmara Hamzah HS dari Pusaka Aria Kamuning 3 itu sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku.

“Saya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana dari Himaku FE Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan seminar ini sehingga bisa terselenggara dengan baik. Ini sangat kreatif dan inovasi sekali Himaku FE Uniku menyelenggarakan kegiatan seminar dalam bentuk pagelaran wayang golek,” tuturnya.

Enung berharap, semoga Himaku dapat terus melakukan terobosan-terobosan  dengan memberikan gagasan-gagasan atau ide-ide yang brilian, kreatif, inovasi untuk menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya baru seperti sekarang ini dengan menggelar acara seminar dalam bentuk pagelaran wayang.

“Ini adalah salah satu bentuk ide, kreatif dan inovasi yang dikembangkan oleh para pengurus Himaku FE Uniku dalam menggelar sebuah kegiatan. Semoga, kegiatan lainnya juga digelar dengan kreatif dan inovasi lagi kedepannya. Saya yakin dan percaya, kalau kalian bisa dan luar biasa,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Uniku Dr. Herma Wiharno, M.Si., mengungkapkan, dirinya secara pribadi maupun lembaga sangat mendukung, mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Himaku atas keberhasilannya menyelenggarakan kegiatan seminar dalam bentuk pagelaran wayang.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran pengurus Himaku atas keberhasilannya menyelenggarakan kegiatan seminar dalam bentuk pagelaran wayang,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yaitu pertama kita mendapatkan ilmu dan wawasan. Kedua, kita memperkenalkan dan melestarikan budaya Indonesia.

“Ada dua  manfaat yang bisa kita ambil dalam kegiatan seminar kali ini. Pertama, kita mendapatkan ilmu dan wawasan serta yang kedua kita memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Indonesia,” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com