Pemilih Pemula Dianggap Paling Riskan

KUNINGAN (MASS) – Dalam rangka menyukseskan Pilgub Jabar 2018, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Al-ihya (UNISA) Kuningan menggelar Rock The Vote Indonesia (Pendidikan Pemilih Muda) di Restoran Lembah Ciremai (LC), Sabtu (21/4/2018).

“Langkah ini merupakan antisipasi, agar tidak terjadinya golput-golput seperti tahun sebelumnya serta diharapkan agar pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang cerdas, kritis, rasional dan bertanggungjawab,” ujar Rifqi Fauzi S.Sos.I.,M.I.Kom selaku ketua panitia yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Prodi KPI UNISA.

Pantauan kuninganmass.com kegiatan ini banyak diminati oleh kaum muda khususnya yang baru mencapai usia 17 tahun. Sedikitnya 175 orang menjadi peserta baik kalangan pelajar, mahasiswa maupun pemuda yang masuk kategori pemilih pemula.

Rifqi melanjutkan, acara itu buah kerjasama antara pihak universitas dengan KPU Jabar dan CEPP Universitas Indonesia. Tampak Endun Abdul Haq hadir mewakili KPU Jabar. Sedangkan dari KPU Kuningan, ketuanya Hj Heni Susilawati yang langsung menghadiri.

Presiden Direktur CEPP UI, Chusnul Mari’yah menuturkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilih pemula muda, perlu dipandang lebih penting. “Karena mereka yang dianggap paling riskan terhadap pengaruh-pengaruh negatif,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak para peserta diajak untuk berdiskusi terkait persoalan-persoalan yang menjadi tantangan bagi warga Jawa Barat. Tidak hanya itu peserta juga diajak berdiskusi terkait politik, pemilu, demokrasi, partai politik dan partisipasi.

Simulasi memilih TPS menjadi agenda pamungkas dari pendidikan pemilih pemula tersebut. (argi)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com