Lima Sekolah Gelar UNBK SMP Mandiri, Sisanya Masih Nebeng

KUNINGAN (MASS) – Mulai hari Senin (16/4/2018) ribuan siswa di Kabupaten Kuningan akan melaksanakan ujian nasional. Khusus untuk Ujian SMP dibagi kedalam dua bagian yakni UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil).

Menurut Kadisdikbud Kuningan  Dr H Dian Rahmat Yanuar MSi, dari ratusan satuan pendidikan yang akan menggelar ujia nasional hanya lima sekolah yang benar-benar melaksanakan UNBK mandiri. Sedangan sisanya menggunakan fasilitas milik SMA, MA dan SMK.

“Total ada 106 sekolah yang menyelengarakan UNBK pada tahun ini. Memang hanya lima sekolah yang menggelar UNBK di sekolahnya. Sedangkan sisanya mengggunakan fasilitas yang lain,” ujar Dian kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Ke 106 sekolah yang menggelar UNBK itu adalah 62 SMP, 31 MTs dan 16 Paket B. Mengenai persiapan untuk ujian baik UNBK maupun UNKP sudah beres 100 persen tinggal pelaksanaan.

Pihaknya lanjut dia, sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan juga PLN, agar dalam pelaksanaan tidak ada hambatan sehingga siswa lancar mengerjakan soal.

“Dengan jumlah 106 sekolah sudah melakasanakan UNBK, maka target Jabar UNBK harus 60 persen di tiap daerah tercapai. Kendala belum semua satuan pendidikan mengggelar UNBK adalah masalah jaringan,” ujarnya lagi.

Sementara UNKP jumlah sekolah yang menggelar adalah 124 sekolah yang terdiri 34 SMP, 30 MTs dan 60 Paket B. Meski ujian nasional bukan penentuan kelulusan namun ujian ini juga menjadi indikator sejauh mana kemampuan siswa selama tiga tahun belajar. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com