Kamusku Harus Jaga Integritas

KUNINGAN (MASS)- Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Unsil Kuningan (Kamusku) bersilaturahm ke Plt Bupati Kuningan H Dede Sembada. Silaturahmi ini diterima di  di Rumah Dinas, Jumat (30/3/2018).

Dalam kesempatan itu banyak hal yang disampaikan salah satunya  bagaimana  mahasiswa berperan di masyarakat .Ketua Kamusku, Anjar menuturkan kunjungan kami kesini banyak hal ingin dipelajari dari Plt Bupati Kuningan. Terlebih lagi sebagai salah satu Mahasiwa Lulusan Unsil tahun 1992 Jurusan Tehnik. Sekaligus untuk meminta Desem menjadi Pembina Kamusku.

Diterangkan, Kamusku belum lama ini menggelar kegiatan peduli Kuningan atas kejadian bencana yang terjadi dibeberapa titik kecamatan yang ada di Kuningan. Dari jumlah uang yang terkumpul sebesar Rp23 juta sudah diserahkan berbentuk logistik yang salurkan ke Kecamatan Ciniru.

“Selain itu peranan mahasiswa asal Kuningan yang ada di Unsil banyak yang berprestasi baik dari sisi akademi maupun olah raga. Kami juga selalu mengajak kepada pelajar Kuningan untuk melajutkan ke jenjang perguruan tinggi,” jelasnya.

Plt Bupati Kuningan mengingat kembali masa menjadi mahasiswa di Unsil. Ia menuturkan,  salah satu Mahasiswa Unsil angkatan tahun 1992 dengan jurusan tehnik. Untuk masuk jurusan Tehnik, tentunya tak lepas dari pelajaran Kalkulus dan matematika.

“Itu pelajaran yang disukai, ujar Desem sambil tertawa.

Dengan penuh keakraban dengan mahasiswa ia menjelaskan dengan lancar bagaimna cara perhitunan logaritma, turunan, Kalkulus 1 hingga 4. Perhitungan integral untuk mengetahui volume yang tidak beraturan misalnya batu.

”Sejak dari SD pelajaran perhitungan sagat di sukai, bicara matematika tak bisa lepas apa jurusan pendidikan kita. Matematika selalu ada seperti bagaimana perhitungan hasil angket, Metode penelitian dan lainnya,” ungkap dia yang pernah menjadi mahasiswa sebagai juara catur di kampusnya.

Desem menjelaskan kepada mahasiswa kaitan pentingnya mengetahui dan memahami memahami isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pertama, Pendidikan dan Pengajaran. Sebagai rangka meneruskan pengetahuan atau dengan kata lain dalam rangka transfer of knowledge ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan melaui penelitian oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

Kedua, Penelitian dan pengembangan. Kegiatan penelitain dan pengembangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian dipergurun tinggi tidak hanya diarahkan untuk penelitian terapan saja,tetapi juga sekaligus melaksanakn penelitian ilmu-ilmu dasar yang manfaatnya baru terasa penting artinya jauh dimasa yang akan datang.

Ketiga, Pengabdian pada masyarakat. Sebagai rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian.Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat.

“Dengan aktivitas ini diharapkan adanya umpan balik dari masyarakat ke perguruan tinggi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lanjut,”ungkapnya yang pernah aktif di oragnisasi mahasiswa berperan sebagai konseptor ini.

Plt Bupati pun, mengajak pentingnya berorganisasi karena akan berfungsi untuk memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh organisasi.

“Meningkatkan kemampuan kita organsasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan masyarakat. Dan dapat memberikan pengetahuan yang baru kepada kita sebagai anggota/pengurus,”jelasnya yang masuk Unsil dengan jalur beasiswa ini.

Mengenai acara pengukuhukan Kamusku, Plt Bupati pun menyanggupi rencana sekaligus menjadi Pembina Kamusku. Ia menyampaikan terima kasiah kepada seluruh mahasiswa asal kuningan di mana pun perguruan tingginya karena telah berupaya untuk meningkatkan SDM yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan Kuningan juga.

Hal yang sama juga untuk untuk mahasiwa yang berada di Unsil asal Kuningan terimakasih atas peranannya untuk Kuningan. Dan jaga nama baik, terus semangat dan jaga integritas dimana pun kita berada. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com