Istri Bupati Berjalan Kaki 2,8 Kilometer Susuri Jalan Setapak

DARMA (MASS) – Pemandangan langka terlihat di Kuningan wilayah selatan, Jumat (17/11/2017) pagi. Istri Bupati Kuningan, Hj Ika Purnama yang juga Bunda PAUD, nekat berjalan kaki sepanjang 2,8 kilometer.

Ia menyusuri jalan sempit dan tak beraspal untuk bisa mengunjungi PAUD di lokasi terpencil, Dusun Pamugaran Desa Cimenga Kecamatan Darma.

Keringat pun bercucuran. Sesekali, Ika berhenti sejenak untuk beristirahat sambil menenggak air minum pengobat dahaganya. Sempat pula ia meminum air kelapa di tengah jalan. Istri orang nomor satu tersebut kini merasakan keseharian warga di sana.

Di lokasi, Ika disambut warga dari 3 desa yaitu Desa Cimenga, Tugumulya dan Cageur. Bunda PAUD ini memberikan bantuan alat peraga edukatif (APE) kepada PAUD Desa Cageur yang kebetulan dilewati.

Sedangkan kepada PAUD Sekar Asih, Ika memberikan bantuan laptop untuk pelaksanaan operasional olah data supaya berjalan sesuai target.

“Selain bantuan laptop, Bunda PAUD pun akan memberikan beasiswa kepada sodari Utin Nurhayati, seorang guru PAUD di sini yang juga tenaga pembantu kesehatan atau kader posyandu di Dusun Pamugaran ini,” terang Nano Sukmana, Fasilitator Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Kecamatan Darma.

Beasiswa yang akan diberikan untuk membiayai sekolah kebidanan Utin. Dengan begitu, warga Dusun Pamugaran mempunyai tenaga kesehatan andalan.

“Karena kalau mau berobat, warga di sini itu harus berjalan kaki 2 kilometer lebih menuju jalan. Belum lagi naik motor 3 kilometer agar bisa sampai ke lokasi bidan atau dokter terdekat,” sambung Nano diamini Hendriyanto (ketua UPK) dan Ade Abdurohman (pewakilan BKAD) yang ikut serta rombongan.

Di luar kebutuhan pelayanan sosial dasar, kala itu warga pun menyampaikan aspirasi terkait perbaikan akses jalan dan sumber air bersih. Ika langsung meresponnya dengan menelpon suaminya, Bupati H Acep Purnama.

Masyarakat di sana sangat antusias menyambut kedatangan Ika. Waktu itu, ia didampingi Camat Darma dan 3 kepala desa yakni Kades Tugumulya, Cageur dan Cimenga. Ikut serta juga, Ketua Ranting PGTKI Kecamatan Darma, Nurhayati dan Ketua HIMPAUDI Kecamatan Darma, Samsu Arifin. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com