Ini Prodi yang Paling Diminati Calon Mahasiswa Baru

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 1.014 calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang 1 di Kampus 1, Sabtu (05/05/2018).

Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, M.Si., mengatakan, dalam tes kali ini, seluruh peserta harus mengikuti tes tertulis dan wawancara. Mereka (camaba) harus mengikuti tes tertulis yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA) dan bahasa inggris, serta camaba juga harus mengikuti tes wawancara kepribadian.

“Dari semua calon mahasiswa baru yang mengikuti tes tidak semuanya lolos. Tetapi, ada saja yang tidak lolosnya. Itu tergantung dari total nilai keseluruhannya dari setiap tes yang camaba ikuti,” ujar Dikdik.

Untuk tahun ini lanjut dia, perlu diketahui bersama, proses seleksi gelombang I dibagi dua.Pertama seleksi jalur berprestasi (prestasi akademik dan non akademik, bidikmisi dan hafiz qur’an) diikuti oleh 546 peserta.

kegiatan sudah dilaksanakan proses seleksi pada tanggal 14 April 2018 dan pada hari ini adalah proses seleksi jalur reguler atau umum gelombang 1 diikuti 468 peserta.

Selain itu, Dikdik menjelaskan, pada gelombang pertama ini, jumlah pendaftar camaba di gelombang I.  jika ditotalkan dengan jalur prestasi dan reguler gelombang I berjumlah 1.014 pendaftar.

Diterangkan, Program Studi yang paling banyak diminati oleh pendaftar adalah Prodi Manajemen, Akuntansi, PGSD. lalu, PGSD.S Informasi dan Teknik Informatika.

Mereka camaba berasal dari beberapa wilayah diantaranya Jabodetabek, Banyumas, Tegal, Batang, Karawang. kemudian, Serang, Tasikmalaya, Ciamis, Brebes, Majalengka, Indramayu, Cirebon dan Kuningan.

Dari jumlah pendaftar pada gelombang pertama ini, rinciannya adalah 134 orang pendaftar untuk Prodi Akuntasi (S1), Ilmu Hukum (S1) 40 orang. setalah iti prodi Kehutanan (S1) 57 orang, Manajemen (S1) 270 orang, Manajemen Informatika (D3) 1 orang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) 62 orang.

“Selanjutnya, Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 47 orang, Pendidikan Biologi (S1) 24 orang, Pendidikan Ekonomi (S1) 32 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) 117 orang, Pendidikan Matematika (S1) 27 orang, Sistem Informasi (S1) 96 orang, Teknik Informatika (S1) 89 orang dan Desain Komunikasi Visual (DKV-S1) 18 orang,” tambahnya.

Lebih lanjut,  Uniku juga menyediakan beberapa program beasiswa diantaranya beasiswa bidikmisi, beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA), beasiswa dari BAZNAS Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka serta beasiswa-beasiswa lainnya.

“Doanya, mudah-mudahan Uniku yang baru saja satu minggu ke belakang melaksanakan visitasi akreditasi perguruan tinggi (APT) oleh BAN PT, hasilnya memuaskan dan membanggakan sesuai dengan harapan kita bersama,”pungkasnya. (agus).

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com