IMK “Tarik” KPU Agar Jemput Bola Perantau

KUNINGAN (MASS) – Kepedulian mahasiswa asal Kuningan yang kuliah di Cirebon terhadap suksesi Pilkada 27 Juni 2018 cukup tinggi. Mereka yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon “menarik” KPU Kuningan untuk menyosialisasikan hajat besar itu dengan cara jemput bola.

“Kita baru saja mengadakan sosialisasi pilkada dengan mengundang KPU Kuningan. Acaranya sekaligus buka bersama yang kami langsungkan di Wisma Sunyaragi Jl Evakuasi Cirebon kemarin tanggal 6 Juni,” kata Ketua Umum IMK, Afrian Gani, Jumat (8/6/2018).

Tujuan diadakannya Sosialisasi Pemilu ini, terang Gani, untuk mengingatkan betapa pentingnya membangun masyarakat yang demokratis. Dengan begitu masyarakat perantau khususnya merasa wajib untuk menggunakan hak pilihnya nanti. Sebab itu merupakan bagian dari makna demokratis itu sendiri.

“Terutama untuk kampung halaman kita sendiri, yang akan menentukan pemimpin untuk periode 2018-2023 mendatang. Kami pikir konstelasi politik yang baik itu ditentukan dari kita, para pemilihnya. Bisa karena kita berhasil menghindari dari golput, atau karena kita memilih dengan alasan yang tepat,” ungkap Gani.

Sekitar 100 orang menjadi peserta sosialisasi. Semua kalangan dirangkul mulai dari pelajar/mahasiswa, wirausahawan, dosen maupun profesi lain. Acaranya mengalir, tetapi juga efektif. Hal ini terlihat dari antusias dan apresiasi yang diberikan peserta ketika selesai materi.

Dalam sosialisasi itu, menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, S.Pd.I., dan salah satu perantau senior di Wilayah Cirebon, Dr. Yayat Suryatna, M.Ag. Keduanya berhasil menarik minat peserta untuk menyimak serius apa yang disampaikan.

Koordinator peserta, Iwan M Sofwan berharap kegiatan itu akan menjadi langkah awal dalam menciptakan masyarakat demokratis. Muaranya dapat terwujudnya cita-cita demokrasi yaitu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dengan mengedepankan konsep keadilan, kejujuran dan keterbukaan.

“Walaupun tidak banyak yang kami berikan untuk kemajuan Kuningan, setidaknya dari diadakannya acara ini sedikit membantu dan meringankan tugas KPU sebagai penyelenggara pemilu, dengan mengingatkan masyarakat betapa pentingnya memilih, dan turut serta dalam menyukseskan Pilkada nanti,” harap Iwan yang kebetulan menjabat sekretaris Bidang Pengembangan Masyarakat IMK itu. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com