IAPI dan Uniku Teken MoU

KUNINGAN (MASS) – Disela kegiatan “Sosialisasi Test Center” dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1 Universitas Kuningan (Uniku), Kamis (07/12/2017) lalu. Digelar pula penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerjasama antara pihak dari IAPI dengan Uniku.

“Selamat datang dan terimakasih kepada Ketua IAPI yang sudah berkenan hadir di Uniku dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerjasama dan sosialisasi test center bagi mahasiswa dan alumni Fakultas Ekonomi (FE),” Ketua Panitia Enung Nurhayati SE MSi.

Diketahui, diketahui bersama bahwa Indonesia telah memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun 2015, terdapat ada empat (4) karakteristik masyarakat ekonomi ASEAN.

Salah satunya adalah pasar bebas dan basis produksi. ASEAN sebagai pasar bebas dan basis produksi memiliki lima (5) elemen utama yaitu aliran bebas barang, aliran bebas jasa, aliran bebas investasi, aliran modal yang bebas dan aliran tenaga kerja terampil.

Dikatakan, pada aliran bebas tenaga kerja ini ASEAN telah menyepakati mutual recognition agreement (MRA). MRA merupakan kesepakatan kesetaraan kualifikasi tenaga kerja terampil di ASEAN.

Hingga saat ini, terdapat delapan (8) MRA yang telah disepakati di bidang jasa, salah satunya adalah jasa akuntansi. Oleh karena itu, lulusan akuntansi harus dapat bersaing di level internasional.

Salah satu wujudnya yang sekarang dibangun oleh program studi (Prodi) Akuntansi FE Uniku yaitu kita berinisiatif untuk melakukan kerjasama antara Uniku dengan organisasi profesi akuntan yaitu dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Ditambahkannya, kerjasama ini bertujuan untuk membuka peluang lebih antara IAPI dengan akademisi, sehingga terbangun kesinambungan antara dunia profesi dengan akademik.

“Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan adanya kerjasama di dua (Institusi tersebut, adalah membuka test center untuk menyelenggarakan ujian profesi akuntan publik bagi mahasiswa dan para lulusan Prodi Akuntansi Uniku dengan menghadirkan narasumber Tarkosunaryo, MBA., CPA., selaku Ketua Umum IAPI. Kehadiran test center di lingkungan Uniku ini diharapkan dapat mempersiapkan para insan akademik saat memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dan juga dapat meningkatkan kompetensi di bidang akuntansi dan auditing dari para lulusan akuntansi,” tambahnya.

Sedangkan, Ketua Umum IAPI Tarkosunaryo, MBACPA, mengatakan, IAPI ini bukan universitas atau perguruan tinggi melainkan organisasi yang menggeluti bidangnya masing-masing akuntan publik.

“Kami menyambut baik dan mendukung dengan adanya kegiatan sosialisasi dan penandatanganan Mou kerjasama ini khususnya untuk Prodi Akuntansi dan para akuntan yang siap terjun di IAPI,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi SE MSi, berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi test center ini dapat meningkatkan dan menambah wawasan para mahasiswa dan para lulusan ketika akan memasuki dunia kerja nantinya.

Sementara itu, yang mengikuti Sosialisasi Test Center sebanyak 660 mahasiswa dan alumni. Mereka berasal  dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku). (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com