Hebat! Uniku MoU Dengan Universitas Terbaik di Thailand

KUNINGAN (Mass)- Universitas Kuningan terus melibarkan sayap dengan menjalankan kerjasama dengan berbagai universitas. Bukan hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri.

Selasa lalu (28/2/2017) Uniku menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of  Understanding/MoU) dengan  Prince of Songkla University (PSU). Penandatanganan MoU dilakukan di Kampus Pusat PSU di Kanjanavanich Road Hat Yai, Songkhla 90110, Thailand.

PSU memiliki lima  kampus, yakni di Surat Thani, Phuket, Trang, Hat Yai dan Pattani. PSU merupakan universitas negeri terbaik di Thailand Selatan.

Rektor Uniku, Dr H Dikdik Harjadi MSi, mengungkapkan kerjasama dengan Prince of Songkla University memiliki makna penting bagi kedua perguruan tinggi dari kedua negara untuk membangun kolaborasi akademik. PSU  sebagai universitas negeri terbaik di Thailand Selatan dna tentu ini membanggakan.

Bagi Uniku,  ini peluang yang baik untuk melakukan mengakselerasi berbagai kekuatan akademik. Bagi PSU, tentu akan meningkatkan reputasinya sebagai universitas kelas dunia.

“MoU UNIKU-PSU menyepakati pentingnya membangun dan mengembangkan kerjasama ilmiah di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat antara kedua PT. MoU akan ditindaklanjuti oleh Memorandum of Agreement (MoA) dalam berbagai bentuk program kongkrit,” kata Dikdik kepada kuninganmass.com Sabtu (4/3/2017).

Dikdik menjelaskan, program kegiatan yang akan dilakukan mencakup di antaranya: pengembangan perkuliahan dan program pendidikan. Lalu,  pertukaran mahasiswa untuk studi dan penelitian.

Kemudian,  pertukaran dosen/peneliti, pertukaran informasi termasuk pertukaran bahan pustaka dan penelitian, pengelolaan dan penerbitan jurnal internasional. Selain itu juga bisa konferensi bersama, seminar dan lokakarya serta pengembangan kegiatan kemahasiswaan.

“Termasuk di dalamnya kesempatan untuk melanjutkan studi PhD di PSU, terlebih lagi PSU masuk dalam daftar BPPLN LPDP. Dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan MoA,” jelasnya.

Vice President for Global Relations and Informatics PSU, Associate Prof Pattara Aiyarak, mengungkapkan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan 22 perguruan tinggi di Indonesia termasuk Uniku.

“Kerjasama dengan Uniku kali ini mendapatkan momentum yang tepat, karena kami ingin lebih mempererat hubungan Indonesia-Thailand sebagai sesama negara di kawasan Asia Tenggara. Kami akan senang melalui kolaborasi akademik dengan Uniku ini makin memperkokoh persahabatan kedua negara, khususnya di bidang pendidikan,“ ujar Pattara Aiyarak.

Pada kunjungan ke Thailand, selain menandangani MoU dengan PSU, Rektor Uniku juga menandatangani MoU dengan Fatoni University, sebuah perguruan tinggi kebanggaan umat Islam Patani Thailand dan Rajamangala University of Technology Klungthep (UTK) di Bangkok, Kamis (2/3/2017).

Berkesempatan juga bertemu dengan International College dari Hatyai University untuk menjajaki kerjasama pendidikan dengan Universitas swasta terkemuka di Thailand tersebut. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com