Hebat! Mahasiswa Uniku Juara Nasional

KUNINGAN (MASS)-   Okky Ayu Setyowati yang merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) meraih prestasi di tingkat nasional. Okky berhasil meraih juara III tingkat nasional lomba microteaching yang diselenggarakan oleh Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Utara pada tanggal 19 – 22 April 2018 .

Okky Ayu Setyowati saat dimintai keterangan, Kamis (26/04/2018), menjelaskan, bahwa lomba microteaching nasional ini diselenggarakan melalui beberapa tahap. Pertama tahap seleksi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Tahap berikutnya masih dalam perbaikan RPP terpilih 15 peserta terbaik yang lolos pada tahap semifinal. Berikutnya, terpilihlah 8 besar peserta lomba microteaching nasional yang harus melaksanakan tahap terakhir perlombaan di Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Utara.

Tes yang dilaksanakan sejak tanggal 19 – 22 April 2018 yang diikuti oleh 1 peserta dari Universitas Siliwangi (Unsil), 1 peserta dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 3 peserta dari Universitas Borneo Tarakan, 2 peserta dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan 1 dari Universitas Kuningan (Uniku).

“Ini adalah kali pertama saya ke pulau Kalimantan Utara daerah yang memang berbatasan langsung dengan Negara tetangga kita yaitu Malaysia. Suatu kebanggaan tersendiri untuk saya pribadi dapat mewakili Uniku dalam event nasional yaitu lomba microteaching. Dalam kompetisi ini, saya adalah satu satunya peserta dari Universitas swasta di daerah karena teman-teman lain semuanya adalah dari Universitas negeri. Ini memicu semangat saya dalam melaksanakan kompetisi bersama Ibu Ina Setiawati, M.Pd., sebagai dosen pembimbing microteaching saya mempersiapkan diri untuk berangkat berkompetisi,” ujarnya.

Di babak final, lomba microteaching nasional ini, Okky mendapatkan juara ke 3, setelah juara ke 2 di dapatkan oleh mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan juara pertama berhasil diraih oleh mahasiswa dari tuan rumah Universitas Borneo Tarakan.

“Alhamdulillah, walaupun Uniku berada di daerah dan Universitas swasta, namun bisa membuktikan kualitasnya dengan meraih prestasi juara ketiga (3) tingkat nasional, dalam ajang lomba microteaching nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Borneo Tarakan,” jelasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa sangat bersyukur dapat meraih juara ketiga (3) di kompetisi ini dan dapat menyisihkan mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas ternama seperti dari Unsil dan UPI yang sama-sama berangkat dari Jawa Barat.

“Ini sebuah kebanggan tersendiri lagi bagi diri saya pribadi yang berhasil menyisihkan mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas ternama. Alhamdulillah, saya bisa menyisihkan mahasiswa dan mahasiswi dari Unsil dan UPI yang sama-sama berangkat dari Jawa Barat,” terangnya.

Lebih jauh, dirinya berharap, dengan raihan prestasi yang diraihnya ini dapat memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi, baik itu di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi lagi, baik di bidang akademik maupun non akademik,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya bersyukur kehadirat Allah SWT atas kembali diraihnya prestasi di tingkat nasional oleh salah seorang mahasiswa dari Prodi Pendidikan Biologi (PBio) FKIP Uniku dalam ajang lomba microteaching nasional yang diselenggarakan di Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Utara.

“Alhamdulillah, kembali salah satu mahasiswa Uniku membuktikan kualitasnya dengan meraih juara ketiga (3) di ajang lomba microteaching nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Borneo Tarakan Kalimantan Utara. Ini patut kita syukuri bersama, walaupun kita berada di daerah, tetapi dapat membuktikan kualitasnya dengan meriah sebuah prestasi yang sangat luar biasa dan membanggakan ini,” tuturnya.

Dikdik berharap, dengan diraihnya kembali sebuah prestasi di tingkat nasional oleh saudari Okky ini, diharapkan dapat memberikan suntikan dorongan motivasi bagi mahasiswa dan mahasiwi Uniku lainnya untuk kembali berprestasi.

“Saya berharap, ada lagi Okky-Okky lainnya yang mampu menunjukan kualitasnya untuk kembali meraih prestasi, baik itu di bidang akademik maupun non akademik. Uniku, walaupun berada di daerah, tetapi mampu membuktikan kualitasnya dengan meraih juara ketiga tingkat nasional di ajang lomba microteaching nasional. Jadi jangan ragu, pilihlah kami untuk melanjutkan pendidikan tingginya,” harapnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com