Hardiknas, 1.600 Guru Berkumpul di GOR Ewangga

KUNINGAN (MASS)- Ribuan  guru dari perwakilan sekolah baik SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Kuningan  Senin, (30/4/2018)  mengikuti Workshop Pendidikan Tahun 2018 di Gor Ewangga. Acara yang dihelat Disdikbud Kuningan ini dalam rangka Hardiknas.

Adapun tema yang diangkat adalah  Merancang Pembelajaran Berbasis Proyek Sesuai Tantangan dan Semangat Kurikulum 2013. Plt Bupati, Dede Sembada, ST tampak hadir pada acara tersebut. Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Kabag Humas Setda Dr. Wahyu Hidayah, M.Si., Para Pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Narasumber kegiatan Workshop dengan tema, “Designing Project Based Learning Based On Curriculum 2013” ini antara lain Dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diwakili oleh Kasubid Kurikulum Dr. Juanda Nil Syah, MA.. Lalu,  Kepala LPMP Provinsi Jawa Barat Dr. H. Tatang Suhendar, M.Si (Widyaiswara Utama), Ketua PGRI Provinsi Jawa Barat Dr. H. K. Edi Parmadi, M.MPd dan Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, Drs. H. Pipin M. Arifin, M.Si.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa, kegiatan workshop hari ini merupakan hasil swadaya para Guru dalam rangka meningkatkan kompetesinya menghadapi tantangan kondisi saat ini.

“Tantangan kedepan bagi para Guru harus dapat meningkatkan kompetensinya, dimana kita sebagai pelaku pendidikan dapat meningkatkan pendidikan karakter bagi peserta didik,” ucap Dian yang menyebutkan 1.600 guru hadir dalam acara seminar.

Mantan Kepala Bappeda itu,  mengucapkan terima kasih kepada Plt. Bupati Dede Sembada atas perhatiannya kepada Disdikbudi, juga kepada para widyaiswara disampaikan penghargaan setinggi-tingginya semoga para guru di Kabupaten Kuningan semakin dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai pendidik yang professional dan handa.

Plt  Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para Guru yang telah memberikan ilmunya kepada generasi penerus bangsa.

“Atas didikan para Guru, jutaan orang menjadi berilmu. Saya dapat berdiri disini juga atas jasa dan didikan Guru.. Terima Kasih Bapak Ibu Guru, terima kasih sudah mendidik dan mengajar saya sehingga saya bisa jadi seperti ini,” ujarnya.

Desem  menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan peran aktif bapak/Ibu guru dalam mencerdaskan peserta didik yang tak kenal lelah mengabdikan diri, membuka jalan pencerahan . Lalu, membangkitkan cita-cita semua insan agar menjadi manusia manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya .

Lebih lanjut Dede menyampaikan, “ Sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan yaitu Mandiri, Agamis dan Sejahtera Tahun 2018, yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, daya saing dan pengarusutamaan gender dalam kehidupan berbudaya dan harmonis,

Baginya ini merupakan bagian integral bagi pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Kuningan, untuk itu atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyambut baik pelaksanaan workshop pendidikan ini.

Hal ini tentunya menjadi momentum yang sangat strategis dan bermanfaat bagi tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang merancang berbasis proyek  sesuai tantangan dan semangat kurikulum 2013.

Diakhir sambutan Plt. Bupati membuka acara workshop tersebut, yang dilanjutkan dengan acara workshop dengan materi yang diberikan oleh para narasumber. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com