Generasi Milenial, Generasi Entrepreneur

KUNINGAN (MASS) – Hari Sabtu (28/4/2018) bertempat di Gedung Kesenian Raksa Wacana Himpunan Mahasiswa Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan menggelar kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan bertemakan “Generasi Milenial Generasi Entrepreneur”.

Acara yang mendatangkan narasumber seorang Pengusaha Muda asal Kuningan yang sukses menjadi businessman di Ibukota yakni Iim Nurayamsi, MM. Ia adalah seorang pengusaha muda yang sukses di Jakarta.

Menurut Ketua HIMA MM Uniku, Ato Sugiarto, selain pengusaha, Iim juga aktif di kepengurusan OK OC DKI sebagai Sekretaris. Kemudian sebagai pengurus Pusat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan juga sebagai pengurus pusat HIPMI.

“Dengan mendatangkan narasumber berpengalaman dibidangnya kami berharap bahwa acara ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan business di kuningan khususnya bagi kelompok generasi muda,” jelasnya.

Sesuai dengan tema acara ini targetan Uniku  adalah mengajak dan mendorong generasi muda Kuningan untuk benar-benar aktif dalam dunia usaha. Bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri bukan malah berebut mencari kerja.

Selain Kang Iim, lanjut Ato seminar ini juga menghadirkan seorang pengusaha sukses yang mempelopori salon muslimah d Asia Tenggara yakni Hj Ratih. Ia menyampaikan kiat-kiat sukses menjadi pengusaha, kemudian memberi motivasi bisnis kepada anak muda Kuningan.

Adapun tujuan dari acara yang mendatangkan peserta berjumlah 200 orang yang terdiri dari kalangan mahasiswa, pelajar, pelaku usaha dan masyarakat umum ini adalah untuk mengajak masyarakat Kuningan khususnya generasi muda untuk menjadi pengusaha aktif, mandiri dan berkompetisi.

Kemudian untuk mendorong generasi muda Kuningan untuk berlomba menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari kerja atau menjadi pegawai. Selain itu, membantu mendorong program pemerintah dalam upaya menekan angka pengangguran khususnya didaerah.

Sementara Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana Uniku, Dr Pupu Saeful Rahmat,M.Pd dalam sambutanya menjelaskan bahwa generasi milenial adalah kelompok generasi yang disebut dengan istilah generasi Y yang notabene angkatan kelahiran Tahun 90-2000an. Generasi ini adalah kelompok sosial yang sangat aktif didunia digital dan dunia internet khususnya media sosial.

Adalah sebuah keharusan bagi generasi ini untuk benar-benar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam dunia usaha. Terbukti dengan hadir dan bermunculanya tempat-tempat makan yang berkharakter anak muda banget dengan desain dan fasilitias berbasis internet seperti wifi.

Hal ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi pembeli atau konsumen, sehingga tak aneh jika kemudian menjadi tempat makan yang ramai dkunjungi anak muda.

“Karena sudah bukan rahasia lagi kalo anak muda jaman sekarang kemanapun pergi tak bisa lepas dari smartphone atau akses internet. Kondisi ini harus dimanfaatkab sebaik mungkin untuk berbisnis agar jelas nilai gunanya,” ungkap Pupu.

Mengenai kegiatan ini sangat mengapresiasi program seminar yang digelar oleh mahasiswa ini. Karena ini merupakan bentuk keterlibatan mahasiswa dalam upaya pengembangan wawasan dan potensi masyarakat khususnya generasi muda. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com