Gelar Buku di Jalanan, Wujudkan Kuningan Bercahaya

KUNINGAN (MASS) – Para pegiat literasi yang terhimpun dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kuningan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan melakukan kegiatan gelar layanan baca buku gratis. Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan Car Free Day Minggu (29/4/2018) kemarin itu dalam rangka mewujudkan program ‘Kuningan Bercahaya’ kuningan belajar dan membaca sepanjang hayat.

Ketua FTBM Kuningan, Imam Muhamad Agung Fauzi menuturkan Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa komunitas baik dari TBM Hipapelnis, TBM Naga Banjaran, Perpusdes Kertayasa, Kampung Dongeng Kuningan, Duta Genre Kuningan dll dalam upaya mengisi Program Pekan Ceria. Lokasi kegiatan persis di depan Masjid Syiarul Islam Kuningan.

“Program ini dilaksanakan sebagai agenda bulanan yang akan rutin dilaksanakan guna mewujudkan masyarakat kabupaten kuningan yang literat dan membudayakan gemar baca dalam upaya menyongsong program kuningan bercahaya,” jelas Imam.

Sementara itu, Ketua TBM Hipapelnis, Jaenal Mutakin Spd menambahkan layanan baca buku gratis di CFD adalam momentum yang tepat bagi para pegiat literasi untuk mengajak masyarakat gemar membaca dan mendukung Gerakan Indonesia Membaca (GIM) khususnya di Kabupaten Kuningan. Selain itu untuk memperkenalkan program Kampung Literasi kepada masyarakat.

“Semoga dengan adanya gelar buku ini bisa memberikan kesadaran kepada orang tua untuk ikut serta mengisi ruang-ruang keluarga dengan bahan bacaan yang mendidik bagi putra-putrinya di rumah masing-masing sepulang mengikuti CFD,” ucap pemuda yang akrab di panggil Kang Zeze itu.

Respon positif diberikan salah seorang warga yang akrab disapa ibu Dewi. Dia yang kebetulan pengurus Perpustakaan Desa Kertayasa itu memberikan apresiasi yang tinggi dan mendukung acara gelar baca yang dikemas secara menarik.

“Luar biasa biasa ramai dan ceria, sangat menyenangkan dan menghibur sekali adanya kegiatan ini diakhir pekan. Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengajak anak beserta keluarga berlibur ke tempat wisata yang mewah. Ternyata di CFD juga bisa, gratis pula. Bukan hanya itu saja, pengetahuan dan wawasan juga dapat bertambah,” tuturnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com