Enam Hari Digelar Olimpiade Ilmu Alam

KUNINGAN (MASS) – Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Biologi (PBio) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniku selama satu pekan kedepan mulai dari tanggal 12 – 17 Februari 2018 menggelar Pekan Bilogi. Acara ini merupakan agenda tahun dengan tujuan untuk menguji sejauh mana kemapuan siswa dalam mempelajari ilmu alam.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Kuningan Dr Anna Fitri Hindriana MSi, di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1, Senin (12/02/2018). Kegiatan pekan biologi ini khususnya bidang olimpiade agar dapat menjadi media dalam meningkatkan kemampuan ilmu alam siswa, sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar pada rangking pendidikan Indonesia di PISA.

Ketua Hima Bio FKIP Uniku, Ade Hermawan  menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu media komunikasi antara pendidikan biologi dengan guru dan siswa se-wilayah III Cirebon. Tentu  dalam upaya pengembangan kemampuan ilmu alam siswa di setiap jenjang pendidikan.

Diterangan, Pekan Biologi ini rutin dan sudah menjadi agenda tahunan tersebut, pada tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, olimpiade untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) se-Kabupaten Kuningan, Olimpiade Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat se-wilayah III Cirebon.

Kemudian, kegiatan turnamen futsal se-wilayah III Cirebon, serta tidak terlewatkan kami menampilkan berbagai kreatifitas mahasiswa dan koleksi laboratorium biologi FKIP Uniku.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pekan Biologi tahun 2018 Firda Dwi Novallah, mengatakan, kegiatan yang mengambil tema metamorphosis dengan inovasi ilmiah menuju masa depan itu, diharapkan mampu menjadi simpul kekuatan dalam usaha pengembangan ilmu alam. Selain itu,  silaturahmi bersama dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi dan sekolah se-wilayah III Cirebon.

“Di Pekan Biologi 2018 ini diikuti oleh 140 peserta dari Sekolah Dasar (SD), 65 peserta dari SMP dan SMA diikuti oleh 85 orang peserta,” tuturnya.

Ditambahkannya, untuk lomba futsal yang rencananya digelar di GOR Ewangga Kuningan itu, diikuti oleh 35 tim dari berbagai sekolah yang ada di wilayah III Cirebon.

“Mensana in conporesano menjadi slogan semangat dalam kegiatan turnamen futsal ini,” tambahnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com