Dosen Kuningan Diundang ke Thailand

KUNINGAN (Mass)- Dr Pupu Saeful Rahmat MPd salah seorang dosen Uniku mendapatkan undang resmi dari Hatyai University, Thailand. Pupu diundang sebagai  dosen tamu untuk memberikan ‘special lecture‘ pada mahasiswa kelas internasional di Didyasarin International College Hatyai University.

Undangan ini merupakan bagian dari proyek kolaborasi akademik antara Universitas Kuningan dan Hatyai University. Dijadwalkan akan menjadi dosen satu hari.

Alasan dimintanya Pupu karena pengetahuan dan keahlian di bidang bisnis akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Hatyai University, setidaknya dalam perspektif ilmuwan Indonesia.

Kepala Humas, Hukum dan Kerjasama Universitas Kuningan, Fahrus Zaman Fadhly menyebutkna, dengan pengetahuan yang luas dan mendalam di bidang ini, Presiden Hatyai University, Ass. Prof. Wittawat Didyasarin Sattayarak mengundang beliau untuk menyampaikan ‘special lecture‘ tentang ‘Consumer Behaviour in ASEAN” atau Perilaku Konsumen di kawasan negara-negara Asia Tenggara.

Menurut Fahrus, diundangnya salah seorang dosen Uniku ke Hatyai University merupakan buah kerjasama internasional Uniku yang sudah lama dirintis. Ke depan, kerjasama ini tidak saja di bidang pertukaran dosen, mahasiswa dan staf, namun juga penelitian bersama, publikasi bersama dan penguatan akademik lainnya.

Sebaliknya, lanjut dia, Hatyai University akan mengirimkan dosennya untuk memberikan ‘special lecture’ atau ‘studium general’ kepada para mahasiswa Uniku. Aktifitas semacam ini merupakan bagian dari silaturrahim akademik yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Kultur dan pencapaian akademik kedua perguruan tinggi berbeda negara tentu berbeda. Forum ini menjadi salah satu wahana bagi kedua belah pihak untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman akademik. Dengan jalan inilah, pengetahuan terus tumbuh dan berkembang,” tuturnya.

Kepala Unit Urusan Internasional Hatyai University Dr Leelie Ratsameemonthon, mengungkapkan pihaknya sangat senang atas kesediaan Uniku mengirimkan salah seorang dosennya untuk menjadi dosen tamu.

“Kami tentu senang. Surat undangan Presiden Hatyai University yang ditujukan kepada Rektor Uniku dipenuhi dan direspons dengan baik, meski waktunya relatif pendek. Kami akan memberikan layanan terbaik bagi dosen tamu Indonesia yang datang di universitas kami. Semoga kerjasama akademik terus berlanjut dan bisa diambil manfaatnya bagi kedua universitas. Selain dari Uniku, kami juga mengundang sejumlah dosen asal Indonesia untuk memberikan ‘special lecture’ di Hatyai University” ujar Leelie.

Sebelumnya, Uniku juga telah mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran pelajar dalam bentuk sit in program selama satu bulan ke Rajamanggala University of Technology Krungthep (RUTK), Bangkok, Thailand. Dalam waktu dekat pula, Uniku akan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan magang atau Praktik Pengalaman Lapangan dan Kuliah Kerja Nyata (PPL-KKN) Internasional di Thailand dan Malaysia. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com