Dandim Pimpin Upacara Hardiknas di SMK Penerbangan

CIGUGUR (Mass)  – Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP didaulat menjadi inspektur upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMK Taufiq Mubarok atau lebih dikenal dengan sebutan SMK Penerbangan Gunung Keling Cigugur Kuningan, Senin (2/5). Hadir sebagai peserta upacara Ketua Yayasan Cradenta Mubarok, Nana Mulyana Latief ST, Kepala SMK Taufiq Mubarok, Muhammad Nur Shiddiq SE, para guru serta puluhan pelajar SMK Penerbangan sekaligus sebagai petugas upacara.

Dalam amanatnya, Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP menyampaikan, bahwa negara Indonesia saat ini tengah dalam keadaan darurat Narkoba sebagaimana data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), setiap harinya 30 hingga 50 orang tewas akibat Narkoba.

“Maka dari itu, langkah penting tentu saja harus dilakukan mulai dari keluarga, lalu terkait institusi pendidikan dan sosialisasi atas bahaya penyalahgunaan Narkoba. Saya berpesan, siswa-siswi SMK Penerbangan jauhilah Narkoba, karena dapat merusak mental sebagai generasi bangsa,” pintanya.

Tak hanya itu, Dandim juga menghimbau agar para pelajar bisa mawas diri untuk menjauhi terhadap tiga krisis tanggung jawab, yang kini mulai semakin mengkhawatirkan. Ketiga krisis itu yakni krisis tanggungjawab intelektual, krisis tanggungjawab sosial, dan krisis tanggungjawab moral.

“Siswa sekarang seandainya tidak mumpuni dan menguasai materi, seandainya mendapat nilai yang buruk, mereka akan protes padahal tanpa menyadari akan kekurangannya dalam proses belajar. Lalu, di jaman sekarang ini nilai sosial sudah memudar dan lebih cenderung nilai-nilai individual atau ego yang lebih ditonjolkan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak bersama-sama bertekad memerangi ketiga krisis tanggungjawab tersebut. Sebagai siswa, harus memiliki tanggungjawab intelektual nomor satu yakni belajar secara bersungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita luhur di masa mendatang.

“Bahkan, saat ini pemerintah provinsi Jabar sedang melaksanakan pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka. Hal ini semoga bisa berdampak positif bagi SMK Penerbangan, sehingga kedepannya akan memberikan kesempatan bagi alumni SMK Penerbangan agar turut andil bagian pada dunia penerbangan di Bandara Kertajati Majalengka,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Cradenta Mubarok, Nana Mulyana Latief ST berpesan, agar para siswa SMK Penerbangan bisa menyikapi momentum Hardiknas sebagai gerbang meraih kemajuan di bidang pendidikan. Digelarnya upacara Hardiknas ini, diharapkan bisa memicu dan memotivasi para siswa tentang pentingnya pendidikan bagi generasi muda untuk masa depannya.

“Kami juga berharap apa yang diperoleh siswa saat belajar di sekolah, bisa kembali diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting, karena sebagai generasi bangsa harus mampu menjawab persoalan bangsa baik itu di sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga meminta, agar para siswa selalu meningkatkan kecintaannya terhadap tanah air, agar kedepan bisa membangun bangsa ini lebih maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com