Cari Bibit Pemain, Liga Pendidikan Indonesia Digulirkan

KUNINGAN (Mass)- Untuk menjaring bibit atlet sepakola untuk masa depan Kuningan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan menggelar  Liga Pendidikan Indonesia (LPI). LPI tahun 2017 merupakan kali ketiga digelar oleh pemerintah.

Pembukaan LPI tahun 2017 digelar di Stadion Mashud Wisnusaputra pada Jumat (17/3/2017) sore.  Sayangnya dari ratusan sekolah SLTA yang ada di Kuningan hanya 17 sekolah yang ambil bagian.

“Ini tahun ke tiga kita gelar. Meski untuk tahun ini pesertanya hanya 17 tim. Namun, kualitas LPI terus meningkat sehingga tujuan untuk mencari pemain berbakat bisa terwujud,” ucap Panpel LPI H Nunung Nurjati MPd kepada kuninganmass.com.

Nurjati yang juga Kabid Olahraga Disporapar menerangkan, pemain yang ambil bagian adalah kelahiran tahun 2001. Sengaja panitia menyelenggara LPI yang usia U-16 karena untuk persiapan Popwil dan Popda di Kabupaten Pangandaran pada bulan April.

“Sebenarnya yang daftar ada 24 tim. Namun dalam proses skrining yang lolos 17 tim. Yang tujuh sepertinya belum siap dengan aturan yang kita terapkan karena untuk LPI ini aturannya sangat ketat,” jelas dia.

Mengenai tropi dan uang pembinaan kata Nurjati sudah pasti diberikan kepada tim juara. Bahkan bukan hanya piala bergilir, tim juara juga mendapatkan tropi tetap.

Bagi pemain terbaik dan top skor panitia juga menyediakan hadiah. Meski tidak menyebutkan angkanya, namun Nurjati menerangkan, dari tahun ke tahun hadiah yang disediakan terus bertambah.

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep Purnama MH yang direncanakan hadir ternyata batal. Pada kesempatan itu pembukaan dilakukan oleh Kadisporapar Drs Jaka Chaerul.

Dalam sambutannya yang dibacakan Jaka, Acep berharap LPI ini bisa menjadi ajang pencarian bibit untuk Kuningan. Para pemain hasil dari LPI  dipersiapankan untuk Porda tahun 2018.

“Pemerintah saat ini tengah membangkitkan olaharaga sepakbola. Dengan bekal potensi yang dimiliki hal tersebut bisa terwujud. Saat ini fokus mengembangkan bakat lokal,” jelasnya.

Sementara itu meski sempat molor dari jadwal yang direncanakan.  Pembukaan LPI berlangsung cukup meriah. Dua tim yakni SMKN 3 Kuningan dan SMK Pertiwi tampil sebagai pembuka LPI. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com