Bunda PAUD Buka Lomba Mewarnai Ratusan Siswa PAUD

KUNINGAN (Mass) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika SE membuka lomba mewarnai ratusan siswa-siswi PAUD/TK sewilayah Cilimus Kuningan. Istri dari Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, yang lebih akrab disapa Hj Ika Acep Purnama SE sengaja menghadiri kegiatan itu, dalam rangka momentum Hari Kartini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan sekaligus Bunda PAUD Kuningan, Hj Ika Acep Purnama SE kepada awak media, Minggu (23/4), mengatakan, sangat mengapresiasi dan bangga atas kegiatan yang digelar Tim Penggerak PKK Kecamatan Cilimus Kuningan. Dimana, kegiatan lomba mewarnai tingkat PAUD/TK yang diikuti sekitar 539 siswa/siswi bertujuan agar anak-anak memiliki keterampilan, sekaligus mengasah kemampuan serta bakat anak-anak.

“Sebagaimana kita ketahui, PAUD/TK merupakan jenjang pendidikan sebelum anak masuk di jenjang Sekolah Dasar (SD). Hal itu merupakan suatu upaya pembinaan terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan dengan pemberian rancangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani anak,” ungkapnya.

Baginya, rancangan pendidikan sejak dini perlu dilakukan agar anak-anak memiliki kesiapan pendidikan lebih lanjut, baik formal maupun informal. Peringatan Hari Kartini ke 138 ini pula, diharapkan tidak hanya sekedar acara seremonial semata, namun mampu meneladani sosok kepahlawanan R.A Kartini.

“Kita harus meneladani pejuang bangsa R.A Kartini bukan hanya sebatas dengan simbol-simbol tanpa nilai dan esensi perjuangan, tapi paling penting menjadi inspirasi kita semua untuk mengisi kemerdekaan bangsa dengan kegiatan positif dan bermanfaat,” pesannya.

Sementara Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada ST menambahkan, kegiatan yang digelar merupakan wujud dari penanaman karakter sejak dini kepada anak-anak PAUD/TK. Pemberian karakter kepada anak usia dini, diharapkan kedepan akan menghasilkan generasi penerus yang berkarakter Indonesia, serta mampu meneladani nilai-nilai pejuang R.A Kartini dalam membangun bangsa Indonesia.

“Adapun sosok R.A Kartini luar biasa, dalam ajaran agama Islam pula bahwa sosok yang paling dimuliakan adalah Ibu. Ini betapa sosok seorang Ibu sangat dimuliakan dalam Islam, betapa Ibu itu sangat dihormati dan dihargai,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com