Binaul Ummah Buka Pendaftaran Santri Baru

CIGUGUR (Mass) – Menjelang akhir semester dua, Pondok Pesantren (Ponpes) Binaul Ummah Cipari Cigugur Kuningan kembali membuka pendaftaran bagi calon santri baru untuk tingkat SMP-SMA. Antusias juga terlihat begitu tinggi dari pelaksanaan tes seleksi santri baru yang mencapai 400 orang siswa baru.

“Ponpes Binaul Ummah menerima calon santri baru untuk tingkat SMP dan SMA. Dari calon santri yang mengikuti test Penerimaan Santri Baru (PSB) mencapai 400 orang,” ucap Ketua panitia PSB Binaul Ummah, Wiarno SPd kepada awak media usai pelaksanaan PSB kemarin, Jumat (25/3).

Pihaknya mengaku, dalam tahap penyeleksian Ponpes Binaul Ummah membuka dua jalur yakni berprestasi untuk kuota 40 santri dan lainnya test umum. Sedangkan kebutuhan santri untuk tingkat SMP hanya dibutuhkan bagi 5 kelas, begitupun untuk tingkat SMA dibutuhkan santri untuk 5 kelas.

“Hal ini, karena daya tampung di asrama terbatas sehingga kami membatasi jumlah santri. Adapun calon santri baru ini berasal dari berbagai daerah seperti Lampung, Bengkulu, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jabodetabek dan wilayah III Cirebon,” sebutnya.

Dirinya berharap, bagi para calon santri yang akan menimba ilmu di Ponpes Binaul Ummah kedepan bisa menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta berkepribadian islami.

Sementara Mudir Ponpes Binaul Ummah Kuningan, KH Ahmad Taupik Lc mengatakan, Ponpes Binaul Ummah merupakan pesantren yang berbasis dakwah dan tarbiyah, dengan mengedepankan akhlak mulia serta pribadi muslim bergenerasi Qur’ani.

“Dengan adanya calon santri ini, kami berharap semakin tumbuh para penghafal Al-qur’an. Sebab, salah satu misi di pondok ini ialah mencetak para hafidz/hafidzah,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Ketua Yayasan Ponpes Binaul Ummah Kuningan, Rohidin M MPd, yang menilai Ponpes merupakan salah satu lembaga pendidikan yang lebih mengedepankan pendidikan akhlak dan agama. Terlebih, adanya seleksi siswa baru itu diharapkan santri-santri tersebut betah dan semangat dalam mencari ridhlo Allah, serta bisa berprestasi menjunjung nama baik Ponpes Binaul Ummah.

“Alhamdulillah kami bisa melaksanakan lagi hajat besar tahunan yakni test PSB. Terimakasih pula kepada ketua panitia beserta jajarannya yang sudah bekerja keras melaksankan hajat besar ini. Selamat datang kepada calon santri baru dikampus Ponpes Binaul Ummah Kuningan yang sejuk ini,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com