Beginilah Hari Pertama UNBK SMA di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Hari pertama (Senin 8/4/2018) pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA, MA dan SMALB di Kabupaten Kuningan berjalan lancar. Baik yang ada di wilayah kota ataupun di pelosok semua bisa melaksanakan UNBK tanpa hambatan.

Seperti di SMAN I Ciwaru meski berada dipinggiran kota. Namun pelaksanaaan UNBK dengan mapel Bahasa Indonesia berjalan lancer.

“Alhamdulillah Tidak ada kendala sama sekali baik jaringan intenet ataupun listrik. Kami sudah melakukan antisipasi sebelumnya,” ujar Kepala SMAN I Ciwaru Drs Maryanto MSi kepada kuninganmass.com. Senin (8/4/2018).

Diterangkan, total ada 180 siswa yang mengikuti UNBK. Mereka dibagi kedalam tiga sesi atau satu sesi dibagi 60 siswa. Semua bisa mengisi soal karena mereka sudah mempersiapakan diri.

Sementara itu, di SMAN 3 Kuningan pun UNBK berlangsung lancar. Total ada 334 siswa yang mengikuti tes dengan dibagi tiga sesi. Dimana sesi pertama 07.30-10.30 WIB, sesi 2 10.30-12.30 WIB dan sesi terakhir 14.00-16.00 WIB.

“Alhamdulillah tertib lancar kondusif . Siswa sebelum masuk ruangan pukul 7 di selasar ruang UNBK tadarusan, berdoa dipimpin oleh seorang siswa. Hal ini agar ujian berjalan lancar,” ujar Kepala SMAN 3 Kuningan Dr H Edy Riyadi MPd yang didampingi salah seorang Panitia UNBK Awan Sudiawan SPd.

Terpisah, seperti dilansir dari situs Disdikbud Jabar, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat  Ahmad Hadadi mengaku,  hari pertama UNBK  berjalan dengan lancar, tanpa kendala, dan hampir semua siswa hadir mengikuti ujian.

Ahmad  sendiri  memantau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 5 Bandung. Pelaksanaan UNBK SMA ini berlangsung hingga 12 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Kadisdik mengatakan, tahun ini pelaksanaan ujian jenjang SMA dilaksanakan 100 persen UNBK. Walaupun, tetap dibagi menjadi beberapa sesi ujian.

Namun lanjut dia,  Jawa Barat merupakan satu dari 16 provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan 100 persen UNBK untuk jenjang SMA. Adapun jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK di Jawa Barat mencapai 6.457 sekolah.

Dengan rincian jenjang SMA yang mengikuti UNBK berjumlah 1530 sekolah, jenjang SMK 2682 sekolah dan jenjang MA 1118 sekolah.  Sedanhkan jumlah siswa SMA yang mengikuti UNBK mecapai 213.078 siswa.

Jumlah itu terdiri dari jenjang MA mencapai 67.339 siswa. Server yang digunakan ujian sebanyak 8.816 server dan 260.956 unit komputer. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com