140 Sekolah se Jabar Banten dan DKI Ikut Kristal

KUNINGAN (MASS) – Untuk kedelapan kalinya, ajang bergengsi digulirkan Ponpes Terpadu Al Multazam. Ajang tersebut bernama Kristal (Kreasi dan Prestasi Antar Pelajar) yang dilaksanakan Organisasi Santri Ma’had (Osma) Al Multazam.

“Kristal ke 8 tahun ini skupnya se Jabar, DKI dan Banten. Tema yang kami angkat yakni Eksplorasi Jati Diri, Warnai Segala Mimpi’,” ujar Ketua Panitia, Khoirul Umam.

Ajang adu prestasi ini dibuka sangat meriah dengan berbagai penampilan dari para santri Al-Multazam, Kamis (29/3/2018). Mulai dari Marching Band, Palang Pintu khas Betawi, Tari Topeng khas Cirebon, Angklung khas Jawa Barat, Arumba Khas Jawa Barat, Tari Kecak khas Bali dengan musikalisasi puisi, dan Teatrikal tentang budaya Indonesia dalam bingkai Islam.

“Kegiatan ini melibatkan lebih dari 140 sekolah dalam 7 kategori lomba se Jawa Barat, DKI dan Banten. Pelaksanaannya 3 hari sampai tanggal 31 Maret besok,” ungkap Umam diamini panitia lainnya, Cahyono Rajab.

Tujuh kategori itu diantaranya, story telling tangkat SMP se-Jabar, lomba cerdas cermat tangkas MIPA tingkat SMP se-Jabar, lomba Fotografi tingkat SMP-SMA se-Jabar, DKI, dan Banten. Kemudian, Lomba Lintas Alam Islami tingkat SMA se-Jabar, DKI, Banten, Mushabaqoh Syarhil Qur’an tingkat SMA se-Jabar, DKI, Banten, lomba Nasyid tingkat SMA se-Jabar, DKI, Banten, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat SMA se-Jabar, DKI, dan Banten.

Hadir dalam pembukaan, DR. H. Aep Tata Suryana, M.Ag. selaku Kasi Diniyah Bidang Pontren Jawa Barat sekaligus membuka secara resmi. Hadir pula Kemenag Kuningan, Perwakilan MUI Kuningan, Unsur Muspika dan Muspida Jalaksana.

Dari Al Multazam sendiri tampak menghadiri, Ketua Pembina YPI Al-Multazam HK, H. Maman Kurman, SH., Ketua YPI Al-Multazam HK, KH. Abdul Rosyid, Lc., M.Ag., Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Multazam, KH. Adin Nurhaedin, Lc., segenap Kepala Divisi dan Kabag beserta para asatidz dan asatidzah.

Selain Palang Pintu Ala Betawi, dipertontonkan pula Tari Kecak khas Bali saat pembukaan.

“Saya sangat bersyukur dengan keberadaan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk eksplor kemampuan pemuda dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernuansa dakwah,” ucap Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Multazam, KH. Adin Nurhaedin, Lc.

Ia juga memotivasi para hadirin untuk senantiasa optimis menatap masa depan. Salah satunya dengan ikhlas mendidik para santri menjadi penerus bangsa yang akan menggenggam peradaban.

“Saya sangat optimis bahwa peradaban dunia ini akan dipegang oleh Indonesia, karena Indonesia memiliki sifat tersebut diantaranya, Indonesia kaya dengan sumber daya alam, Indonesia kaya dengan sumber daya manusia, begitu banyak ilmuan Indonesia mewarnai dunia,” ungkapnya.

Disebutkan, betapa banyak professor dari Indonesia. Seperti BJ. Habibie, dr. Warshito, dan lainnya. Sehingga siapapun yang mengatakan bahwa SDM Indonesia tidak layak bersaing, menurutnya pembodohan public. Dan Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia.

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan menabuh gong oleh DR. H. Aep Tata Suryana, M.Ag., selaku Kasi Diniyah Bidang Pontren Jawa Barat. Penabuhan gong tersebut sebagai tanda bahwa Kristal 8 resmi dibuka. Selain itu dilaksanakan pula penanaman pohon secara simbolis di Taman Ponpes yang disambut pekikkan takbir kemudian bertepuk tangan. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com