Yuk Berkunjung ke Ampah Nangka!

KUNINGAN (MASS)- Dari hobby jadi implementasi. itulah yang tepat untuk menceritakan sejarah keberadaan obyek wisata Ampah Nangka di Desa Citundun Kecamatan Ciwaru.

Bermula dari adanya kumpulan pemuda atau klub motor Trail yang offroad di wilayah Ampah Nangka. Mereka melihat potensi dan sumber daya alam yang sangat indah.

Para pemuda itu berinisiatif untuk menjadikan wilayah Ampah Nangka sebagai obyek wisata. Hal itu tidak terlepas dari wilayahnya berada di tempat yang strategis.

Obyek wisata Ampah Nangka dikelola oleh Kompepar Zhalatunda Desa Citundun, yang diketuai oleh Ludi Amaludin. Kompepar beranggotakan dari 3 Desa yaitu Desa Citundun, Sumberjaya dan Desa Sagaranten.

Selain itu ada juga yang dari Forpita Giri Wana (Forum Pecita Alam Kecamatan Ciwaru) Himaruka (Himpunan Mahasiswa Ciwaru Karangkancana).

“Obyek Wisara Ampah Nangka ini diresmikan pada Kamis (18/10/2018) oleh perhutani. Berdasarkan keputusan Adm. /KKPH Kuningan Devisi Regional Jawa Barat dan Banten No. 1/NKB/KNG/2018-Tanggal 18 oktober 2018,” jelasnya yang menyebutkan tempat wisata ini terletak di Desa Citundun di jalan poros Desa Sumberjaya – Desa Sagaranten Kecamatan Ciwaru, Rabu (6/2/2019).

Sementara itu, Humas Objek Wsiata Ampah Nangka Nova Rizky Sugema menambahkan adanya obyek wisata ini karena adanya nilai ekonomi. Proses pengelolaan wisata ini dengan memberikan fasilitas terbaik dalam segi kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

“Yang menjadi daya tarik dari obyek wisata ampah nangka ini seperti wahana rekreasi, wahana bermain, wahana selfie dan tempat untuk berkemah,” tandasnya.

Adapun sarana yang sudah ada adalah seperti akses jalan masuk, MCK, Mushola, listrik dan koprasi. Serta yang menjadi Icon wisata ini adalah pohon nangka yang beradas di wilayah tersebut.

Nova menambahkan harapan terhadap obyek wisata Ampah Nangka ini yaitu lebih maju dan bisa setara dengan wisata-wisata khususnya di wilayah Kuningan.

“Di Kuningan timur terdapat obyek wisata baru yang bukan hanya didataran pegunungan. Namun didataran perbukitan pun ada,” jelasnya.

Semoga dengan adanya objek wisata di daerah timur bisa memberikan kontribusi kepada daerah sekitar dan menjadikan Kuningan sebagai daerah wisata terbaik di Jawa Barat.

“Mari berkunjung ke obyek wisata Ampah Nangka. Wisata ini sangat pas untuk berkumpul bersama keluarga kerabat tercinta. Di Ampah nangka ini menawarkan udara yang sejuk dan memanjakan mata bagi yang berkunjung. Begitu pula bisa mendapatkan jodoh bagi yang beruntung,” ajak dia.

Diterangkan, nikmati alamnya jaga kelestariannya dan dekati sang penciptanya. Karena hutan dan sunyi adalah tempat yang sangat pas untuk sebuah pelarian disaat jiwa sedang gelisah.

Nova mengatakan, untuk lebih jelasnya ada apa saja di wahana bisa dilihat di IG dan FB , sehingga bisa melihat bagaiman indahnya tempat tersebut. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com