Festival Budaya Pasawahan untuk Jaga Tradisi

KUNINGAN (MASS)- Pada Sabtu di Lapangan Balong Kambang Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan digelar  Festival Budaya Pasawahan dengan tema “Rancage Hate”. Acara yang digelar Sabtu pagi itu dihadiri oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH.

Menurut Ketua Pelaksana Hj Teti Suniarti, pelaksanaan Festival Budaya Pasawahan ini adalah yang pertama yang dimotori oleh kelompok Rancage Hate. Dengan adanya festival menununjukan Desa Pasawahan adalah desa yang besar yang menjaga kebudayaan tradisional mengenal dan mengangkat lagi budaya tradisional khusunya kepada kaum milenial.

“Pada  festival budaya ini  tim kreatif  90 persennya adalah pelajar yang menyempatkan diri untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dengan kebudayaan lokal sunda,” tandasnya.

Sementara itu Camat Pasawahan Eko Yuyud Mahendra, manyampaikan Festival Budaya Pasawahan ini rangkaian,  kegiatannya sudah dimulai dari hari Kamis dan puncaknya pada Minggu. Kegiatn ini adalah bukti masyarakat Desa Pasawahan ingin sejajar dan unggul dengan desa-desa lain yang berada di Kabupaten Kuningan.

Bupati yang hadir pada kesempatan itu  memberikan apresiasi atas atas terselanggaranya festival. Ini sangat baik  dalam meningkatkan lagi kebudayaan daerah.

“Semoga kegiatan ini sebagai memotivasi kegiatan lainnya di Desa Pasawahan sekaligus menyukseskan visi dan misi Kabupaten Kuningan MAJU, untuk merajut mimpi kedepan Kuningan lebih maju dan Jawa Barat juara,”ujar Bupati.

Bupati berharap  gelaran budaya, sastra, bahasa dan segalanya bisa dilaksanakan rutin  dan berkesinambungan sebagai wujud Kuningan MAJU.  Selain itu banyak berbagai potensi yang berada di Desa Pasawahan, baik potensi alam, dan budaya yang unggul di segala bidang.

“Dan kedepan festival ini dapat menjadi agenda tahunan yang memilki kreativitas yang luar biasa dan tentu menjadi hiburan warga,” tandasnya.

Pada acara tersebut juga ditampilkannya berbagai kesenian tradisional diantaranya tari jaipong yang dibawakan oleh siswa  SMAN 1. Lalu,  kuda lumping dan juga pertunjukan lainnya dalam memeriahkan festival budaya tersebut. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com