Pemuda Jambar Kembangkan Tanaman Hidroponik

NUSAHERANG (MASS)  – Sejumlah pemuda Dusun Manis Desa Jambar Kecamatan Nusaherang yang tergabung dalam sub unit Karang Taruna Karya Bakti, melakukan pengembangan usaha tani. Pengembangan usaha itu melalui penanaman hidroponik.

Menurut Ketua Sub Unit Karang Taruna desa setempat yakni, Irafan mengatakan, pengembangan usaha tanam hidroponik ini, sebagai upaya memanfaatkan waktu dan juga sebagai program kerja karang taruna.

“Terlebih dalam usaha ini, para pemuda tidak mesti melakukan kotor-kotoran seperti petani tradisonal pada umumnya,” kata dia, Minggu (13/5/2018).

Dalam pengembangan usaha tanaman hidroponik, kata Irfan, ini sebagai bentuk pencegahan para pemuda terhadap kemajuan jaman, seperti marak dan bahayanya narkoba dan seks bebas.

“Ketika kita menggunakan waktu untuk seperti ini, otomatis kita semua semangat dan fokus terhadap kegiatan didepan mata,” jelasnya.

Menyinggung soal jenis tanaman, Irfan menerangkan, sementara masih ada 3 jenis. “Baru mengolah jenis tanaman kangkung, pakcoy dan chaisim atau sawi hijau. Kita baru tiga jenis tanaman yang menjadi usaha tanam,” sebut Irfan.

Sementara, Kepala Dusun Manis, Imam mengatakan, melihat kegiatan yang dilakukan para pemuda ini tentu menjadi nilai kebaikan lingkungan dan pemerintah desa.

“Sebab tidak sedikit para pemuda di jaman sekarang, mau usaha secara mandiri seperti demikian,” kata Imam diamini tokoh masyarakat Sutana dan pembina karang taruna Aipda Komara Nuryasin . (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com