Ini Tujuan Dibentuknya Komunitas Rongsok Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Pada Minggu (6/5/2018) bertempat di GOR Ewangga Kuningan dikukuhkan Komunitas Rongsok Kuningan (KRK). Acara pengukukah pengurus KRK dilakukan oleh Kadis Lingkungan Hidup yang mewakili Plt Bupati Kuningan Dede Sembada.

Adanya KRK ini bertujuan untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Selain itu juga mengajak warga untuk memanfaatkan bahwa rongsok memiliki nilai eknomis yang tinggi.

Terbetuknya KRK tidak terlepas dari andil anggota Polsek Kuningan Brigadir Suerdi. Pria yang menjadi Bhabinkamtibmas di Kelurahan Cigintung itu selain menjalankan tugas dalam menjaga lingkungan agar kondusif, ia juga mengajak warga agar mencintai lingkungan.

Sementara itu, Ketua terpilih KRK, Lambo Siregar, menerangkan, KRK didirikan pada 24 Maret 2018. Saat ini beranggotakan sebanyak 350 orang.

Pada saat pengukuhan yang hadir dan baru daftar adalah para bandar, Kedepannya, semua yang menggeluti usaha rongsok, dari mulai pemulung, pengepul, sampai bandar besar, akan dijak bergabung

“Apabila semua daftar total ada 4.000 orang anggota KRK. Adanya wadah ini akan memberikan manfaat bagi para anggota,” ujar dia.

Wakil Ketua KRK terpilih, Midi Hamidi ikut menambahkan. Menurutnya, KRK tidak hanya bergerak mengumpulkan rongsok, tapi menjalankan juga bidang kreatifitas anggota. Pasalnya, rongsok-rongsok ada yang bisa didaur ulang dan nanti bisa menjadi kerajinan.

“Sebagai contoh mengubah drum bekas menjadi kursi dan meja dan banyak lagi,” ucap dia.

Ditempat yang sama Kadis Lh H Amirudin mengaku, mengapresiasi tebetuknya KRK. Pasalnya, akan bermanfaat dan tentu merubah pola pikir warga yang selama ini menganggap sampah tidak memiliki nilai ekonomis.

“Saya mewakili Bupati menyambut baik ada komunitas ini. Sebuah terobosan yang baik karena KRK akan memberikan dampak positif,” ujar Amir. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com