Malam Minggu Saatnya Berburu Sate Padang

KUNINGAN (MASS)- Sate Padang memang kurang familiar di Kabupaten Kuningan. Pamornanya kalah oleh Sate Beber, dan Sate Madura.

Padahal bagi yang doyan mencoba kuliner, Sate Padang merupakan sate paling enak yang wajib dicoba. Kuah yang kental ditambah empuknya dagingnya hmmm dijamin bikin ketagihan.

Di kota kuda sendiri ada dua penjual sate padagang yakni di Jalan Sudirman (Rumah Makan Padang) dan Uda Yusuf Jalan RE Martadinata samping Mayang Catering.

Menurut penjual sate bernama Hendriyanto yang mangkal di Jalan Sudirman, konsumen yang datang bukan hanya warga Minang yang ada di Kuningan. Tapi juga warga Kuningan juga banyak.

“Bagi warga Minang sudah biasa dan adanya sate mengobati kerinduan kepada tanah kelahiran. Tapi bagi warga Kuningan agak aneh karena kuahnya anget dan kental serta pedas,” ujar Hendriyanto kepada kuninganmass.com.

Ia mengatakan, selaih kuah sate padang yang kental dan pedas hasil perpaduan kuah kacang, rempah-rempah dan cabai pedas, yang membbedaka lagi adalah dagingnya.

Sate Padang itu kata dia, menggunakan daging sapi. Prosesnya pun cukup lama karena direbus dua kali agar empuk. Bukan hanya itu daging pun diiris-iris dan ditaburi rempah.

“Sate padagang dibakar menggunakan arah tempurung dan kuahnya selalu panas dengan arang. Karena kalau dingin akan mengental,” ujarnya lagi yang menyebutkan banyak memesan melalui ojek online.

Untuk satu porsi dibandrol Rp15 ribu dengan isi 8 tusuk plus lontong. Akan semakin lezat apabila dimakan dengan kripik balado khas minang. Mau mencoba?(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com