Ajaib, Tanam Pohon Pisang dari Jantungnya

KUNINGAN (Mass) – Dalam acara Grand Opening PT Embrio Multi Karya di The Radiant Ballroom kemarin, terungkap banyak keanehan. Lewat balutan teknologi, pohon pisang bisa ditanam dari jantung pohon tersebut. Buah yang dihasilkannya pun dapat mencapai 22 sisir per pohon.

“Cerita pendirian PT Emka itu begini. Saya kedatangan orang-orang “gila” menurut saya. Mereka mengatakan, sekarang menanam pohon pisang itu dari jantungnya. Saya jadi teringat dongeng sakadang kuya dan sakadang monyet,” tutur Komisaris PT Emka, Prof Dr H Cecep Sumarna MA di atas podium disambut riuh gelak tawa tamu undangan.

Setelah dibuktikan, lanjutnya, ternyata memang benar. Pembibitan pohon pisang bisa dari jantungnya. Bahkan dari bibit tersebut mampu menghasilkan buah yang banyak hingga mencapai 22 sisir pisang.

“Saya menyebutnya pisang ajaib. Berarti sakadang kuya kalah sama sakadang monyet sekarang. Disamping itu, satu pohon dapat menghasilkan 3 turuy kalau bahasa Sundanya. Dari 3 turuy itu bisa sampai 22 sisir,” sebut Cecep.

Melihat hal itu, ia tertarik untuk bergabung. Menurut Cecep, inovasi yang datang dari kaum muda perlu mendapat dukungan. Terlebih orientasinya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Selama ini profesi petani dianggap kelas rendahan. Lewat sentuhan teknologi pihaknya berharap derajat profesi pertanian di wilayah Ciayumajakuning bisa meningkat.

“Sebetulnya potensi di sector pertanian, peternakan dan perikanan di kita itu besar. Tapi kenapa stagnan dan kita kebanyakan ngimpor, itu karena pertanian di Indonesia belum menjadi sector industry,” tandas Cecep.

Dia berharap PT Emka mampu menjadi perahu besar dalam menjadikan pertanian sebagai sector bisnis. Perusahaan dan masyarakat, akan sama-sama terdewasakan dalam bisnis. Cecep mengapresiasi keberanian anak-anak “gila” dalam menatap masa depan.

Sementara itu, Ketua Pakar PT Emka, Dr Aef Saefudin mengiyakan penuturan Cecep soal pembibitan pohon pisang dari jantungnya. Dijelaskan, maksud penanaman tersebut bukan menancapkan jantung pohon pisang ke tanah.

“Bukan pula membawa jantung pohon pisangnya sampai bertruk-truk untuk ditanamkan. Cukup dari dari satu jantung pisang bisa menghasilkan bibit pohon pisang hingga beribu-ribu. Dilakukan pembelahan sel. Kami mengembangkannya disamping bibit pohon kurma dan produk lainnya,” kata Aef. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com