Ustad “Ujangnya” Kuningan Kembali Terpilih Menjadi Ketua KKG PAI

KUNINGAN (MASS)- Cirebon punya Ustad Ujang Bustomi yang terkenal oleh dunia perghoibannya. Kuningan pun punya ustad Ujang yang terkenal kiprahnya di KKG PAI.

Aripin,SPdI nama asli. Dia adalah guru di SDN 2 Padamulya. Selain aktif mengajar di sekolah ia pun aktif di organisasi keprofesian.

Pentas PAI di Kecamatan Ciawigebang yang diselenggarakan pada tahun 2016 merupakan awal mula “Pak Ujang” aktif di KKG PAI Kabupaten Kuningan.

Pada saat itu ia mendapatkan amanah sebagai Ketua Panitia Pentas PAI Tingkat Kabupaten Kuningan. Pentas PAI yang merupakan ajang rutin tahunan yang di selenggarakan oleh KKG PAI Kabupaten Kuningan.

Didalamnya merupakan ajang dalam pencarian bakat para peserta didik dalam bidang keagamaan. Walaupun Pa Ujang pertama kali berkiprah di KKG PAI namun ia mampu mengantarkan Kuningan meraih juara di tingkat Provinsi.

Peraihan juara 1 lomba qosidah dan juara 2 lomba pildacil putra di tingkat provinsi menjadikan salah satu indikator kesuksesan “Pak Ujang” sebagai Ketua Pentas PAI.

Setelah kesuksesannya menjadi ketua Pentas PAI. Pada tahun yang sama yaitu tahun 2016 Pa Ujang pun terpilih menjadi ketua KKG PAI Kabupaten Kuningan masa bakti tahun 2016 sampai tahun 2020.

Kecamatan Darma yang merupakan kecamatan terpilih sebagai tempat Pentas PAI pada awal masa jabatan Pa Ujang yang menyimpan banyak cerita.

Kemudian acara pentas PAI pada tahun selanjutnya yang telah dilaksanakan di Maleber, Cigandamekar dan Cigugur pun sama.

Semuanya menyimpan banyak cerita. Perjalanan pahit dan manis selama 4 tahun menjadi Ketua KKG PAI telah dirasakan oleh Pa Ujang.

Pertengahan tahun 2020 yang tepatnya pada bulan Agustus merupakan berakhirnya masa jabatan Pa Ujang. Akan tetapi, dikarenakan dalam masa pandemi dan tidak memungkinkan terlaksananya Musda. Akhirnya Musda dapat terlaksana dibulan Desember.

Musda yang dihadiri oleh Dinas pendidikan yang diwakili oleh sekretaris dinas beserta Kabid SD, Kabid SMP dan kebudayaan.

Hadir juga perwakilan Kantor Kementerian Agama yang diwakili oleh Kasubag TU dan Kasi PAI. Serta hadir pula Ketua KKG PAI Provinsi Jawa Barat.

Hadirnya stakeholder Pendidikan pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan merupakan indikator eksistensi guru PAI di Kabupaten Kuningan.

Begitulah ungkapan Ketua KKG Provinsi Jawa Barat. Acara musda pun dibuka langsung oleh Kadisikdik yang diwakili oleh Sekda Sekretaris .

Pada pemilihan ketua KKG PAI Kabupaten Kuningan Tahun 2020 Pa Ujang kembali mencalonkan diri. Akan tetapi, pada Musda kali ini Pa Ujang di tantang oleh Nurudin Mubaroq dari Kecamatan Kuningan.

Tentu saja hadirnya dua calon Ketua KKG PAI menjadikan suasana musda memanas. Namun Pa Ujang yakin bahwa dirinyalah yang akan kembali dipercaya sebagai ketua KKG PAI Kabupaten Kuningan.

Musda yang diketuai oleh Anwasi dari kecamatan Japara mengadakan pemilihan yang berbeda dengan pemilihan ketua KKG pada masa sebelumnya.

Yang mana pada tahun ini pemilihan dilakukan dengan pencoblosan seperti halnya pemilu yang dilaksanan oleh KPU.

Adapun Perolehan suara yang diraih Pa Ujang yaitu sebanyak 36 suara dan Nurudin memperoleh sebanyak 25 suara dari total 61 suara yang masuk.

Dan dipastikan Pa Ujang kembali terpilih menjadi ketua KKG PAI Kabupaten Kuningan.

Setelah terpilihnya Pa Ujang sebagai ketua KKG PAI. Karena dari pengalaman pada priode sebelumnya sehingga membuat ia tidak kesulitan dalam menentukan pengurus periode selanjutnya.

Adapun susunan pengurus KKG PAI Kabupaten kuningan masa bakti tahun 2020 sampai dengan tahun 2024 yaitu sebagai berikut :

Penanggung Jawab : 1.Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan

2.Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan

Pembina / Pengarah : 1.Kepala Seksi PAI Kementerian Agama Kabuapten Kuningan

2.Kepala Seksi Kurikulum Disdikbud Kabupaten Kuningan

3.Kepala Seksi Kesiswaan Disdikbud Kabupaten Kuningan

4.Ketua Pokjawas PAI

5.Ketua AGPAII Kabupaten Kuningan

Pengurus Inti :

Ketua : ARIPIN, S.Pd.I ( Kec. Maleber )

Wakil Ketua : Anwasi, S.Pd.I ( Kec. Japara )

Sekretaris : Tubagus M Syarif, S.Pd.I ( Kec. Ciawigebang)

Wakil Sekretaris : Ridwan Maulani, S. Pd.I ( Kec. Cigandamekar )

Bendahara : N. Enur Nuroniah, S.Pd.I ( Kec. Kuningan )

Wakil Bendahara : Dadi Raswadi, S.Pd.I ( Kec. Maleber )

SEKSI PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM

Koordinator : Agus Mudhorim, S.Ag ( Kec. Cigandamekar)

Anggota : Moh. Khotim, S.Pd.I ( Kec. Kalimanggis )

Anggota : Linda Indrawati, S.Pd.I ( Kec. Cilimus )

SEKSI PENGEMBANGAN KARIR DAN PROFESI GURU

Koordinator : Jumhana, S.Pd.I ( Kec. Subang)

Anggota : Maman Syahman, S.Pd.I ( Kec. Cigugur)

Anggota : Yiyin Chendraeni, S.Ag (Kec. Cipicung)

SEKSI PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN ADMINISTRASI

Koordinator : Kosasih S.Pd.I, M.Pd ( Kec. Selajambe )

Anggota : Jaja Darmawan, S.Pd.I ( Kec. Cidahu)

Anggota : Nurdin