Usai Libur, Polres Layani Ratusan Pemohon SIM

KUNINGAN (Mass) – Usai libur panjang di hari lebaran, Permintaan perpanjangan dan pembuatan baru Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polres Kuningan meningkat dari hari-hari biasa. Bahkan, petugas layanan SIM harus berjibaku untuk melayani ratusan pemohon SIM yang memenuhi antrean di lokasi pembuatan SIM.

Kasat Lantas Polres Kuningan, AKP Subana didampingi Baur SIM Aiptu Sunarto kepada kuninganmass.com, Selasa (12/7), mengaku, meningkatnya jumlah pemohon SIM terjadi karena libur lebaran. Kebanyakan, mereka yang membuat SIM adalah perantau yang sedang mudik ke kampung halamannya.

“Tercatat, ada sedikitnya 100 orang lebih pendaftar yang ingin memperpanjang SIM dan SIM Baru. Banyak masyarakat yang masa SIM-nya akan maupun yang telah habis pada saat hari libur,” ujarnya.

Oleh sebab itu kata Subana, sejak dibukanya kembali pelayanan pembuatan SIM pasca libur panjang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memperpanjang SIM.

“Pelayanan SIM, selain buka setiap hari pada jam kerja, Sat lantas Polres Kuningan juga melaksanakan SIM keliling dengan cara jemput bola dengan mengunjungi masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat berupa perpanjangan SIM, sehingga tidak perlu datang ke Polres,” ungkapnya.

Menurutnya, SIM keliling merupakan upaya peningkatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

“Intinya, ini upaya jemput bola. Apalagi bagi masyarakat yang lokasinya jauh dengan kantor polisi. Nah, ini menjadi solusi untuk mempermudah masyarakat,” katanya.

Untuk permohonan perpanjangan SIM dan SIM baru sendiri lanjut Subana, didominasi oleh SIM C. Untuk pelayanannya sendiri, pihaknya bekerja semaksimal mungkin melayani masyarakat, khususnya untuk SIM perpanjangan.

“Khusus perpanjangan, mereka datang, daftar, langsung harus kita layani dengan baik. Untuk biaya tetap dan tidak ada kenaikan apapun,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com