Seperti Ini Peringatan Maulid di Wedangtemu

KUNINGAN (MASS) – Biasanya, setiap tanggal 12 Rabiul Awwal, hampir seluruh umat muslim yang bertempat diberbagai daerah menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati hari tersebut.

Mengapa? Sebab hari itu merupakan hari kelahiran Nabi terakhir yang diutus ke bumi untuk membimbing dan membina manusia yakni Muhammad SAW.

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh warga Kampung Wedangtemu Desa Tugumulya Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Usai mendirikan salat isya, sekitar pukul 19.20 WIB ratusan warga serentak membaca asraqalan atau berjanji (membaca shalawat), sebagai bentuk cinta dan terimakasih kepada Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Al-falah, Senin (19/11/2018).

Menurut sesepuh Wedangtemu Adna, selain membaca shalawat, terdapat pula acara pengajian atau siraman rohani yang dipaparkan oleh Diding S Pd. Hal itu  agar kegiatan tersebut dapat menimbulkan dampak yang baik bagi masyarakat, terlebih wawasan agama.

“Alhamdulillah, tadi juga sudah dijelaskan terkait bab wudhu dan bab shalat. Dan memang ini yang kita butuhkan, sebab kultur disini masih awam terhadap pengetahuan agama,” ujarnya yang juga mantan Kaur Ekbang Tugumulya itu.

Disamping itu, dalam pelaksanaannya, sudah pasti ditiap daerah memiliki ciri khas tersendiri terlebih daerah pelosok yakni disediakannya tumpeng atau nasi moncong.  Ternyata tidak hanya itu, makanan yang dibungkus kantung plastik atau biasa disebut dengan berkat sebagai ciri khas juga tidak ketinggalan. Ditambah disediakannya parasmanan agar masyarakat bisa makan bersama.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, akan semakin memperkuat ukhuwah, keimanan dan ketaqwaan masyarakat terhadap yang Kuasa. Minimalnya bisa merubah hal yang paling kecil,” harapnya.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com