Melihat Persiapan Jelang Salat Ied, Distribusikan Vitamin C, Masker Hingga Hand Sanitizer

KUNINGAN (MASS) – Diperbolehkannya warga melaksanakan salat ied (kecuali zona merah) benar-benar disambut gembira oleh warga Kuningan. Pihak pemdes dan kelurahan pun langsung bergerak.

Kuninganmass.com pun pada malam takbiran mencoba mengkonfirmasi persiapan beberapa desa dalam melaksanakan salat Idul Fitri.

Mereka semua mengaku sudah siap melaksanakan salat dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Di Karangkamulyan Salat Ied dilaksanakan di masjid masing-masing dusun. Namun di desa membuka untuk umum. Pusat salat raya terbuka di Jalan Raya depan balai desa Karangkamulyan,” ujar Kades Karangkamulyan Yayat Supriatna, Sabtu (23/5/2020)

Ia menyebutkan, agar ibadah berlangsung lancar dan aman, maka jamaah wajib memakai masker.

Pihaknya pun juga sudah membagikan vitamin C kepada jamaah, tambahan masker sudah di distribusikan ke tiap masjid untuk cadangan yang tidak pakai.

Begitu juga hand sanitiser sudah di berikan dengan tempat semprotnya. Bahkan wastafel fortable disiapkan di pusat di jalan balai desa.

“Kami sudah siap dan terus melakukan rapat agar benar-benar sesuai dengan protokol kesehatan,” tandasnya.

Terpisah, Perangkat Desa Cihirup Kecamatan Ciawigebang Enda Casneda mengaku, di desanya sudah siap melaksankan salat ied dan warga pun sudah paham dengan apa pihak pemdes informasikan.

“Insya Allah Kami akan melaksanakan Salat sunah Idul Fitri Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.

Seperti isi SE Bupati, maka pihaknya melarangan wanita unutuk tidak ikut dulu salat Sunah idul Fitri. Begitu juga anak-anak usia SD, Lansia yang punya kronologis sakit kronis .

Untuk para perantau yang belum selesai isolasi mandiri selama 14 hari juga tidak boleh ikut.

Yang terakkir imbauan semua jamaah memakai masker yang telah dibagikan oleh Para Rt/Rw yg diberikan Pemdes 2 hari sebulmnya.

“Masker yang dibagikan Pemdes sebanyak 3.500 buah,” jelasnya.

Bukan hanya di dua desa itu, di Desa Kadugede dan Desa Parung pun sudah bersiap melaksanakan salat ied , baik di masjid utama maupun di dusun-dusun.

Bahkan di Masjid Agung Syiarul Islam pun pengurus sudah bersiap. Hal ini agar pelaksanaan berjalan lancar. (agus)