Relasi Sosialiasikan Pemilu di Komunitas GBK

KUNINGAN (MASS) – Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Kuningan pada Pemilu Serentak 2019 menggelar acara sosialisasi tentang Pemilu Serentak kepada Komunitas GBK (Gabungan Baraya Kuningan), Sabtu (2/2/2019). Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Relasi basis komunitas itu dimulai pada pukul 16.30 WIB yang bertempat di sekretariat GBK.

Pemandu Sosialisasi, Iman Sudirman SpdI mengatakan, diperlukan pemahaman yang menyeluruh tentang demokrasi dan kepemiluan terutama pada kalangan masyarakat awam. Pendidikan politik mutlak diperlukan agar masyarakat paham bahwa dampak dari sistem yang dianut itu tidak melulu dapat dirasakan secara langsung.

“Kita tidak bisa menutup mata bahwa pelaksanan demokrasi di Indonesia masih banyak kekurangan. Akan tetapi, demokrasi adalah sistem terbaik bagi sebagian besar bangsa-bangsa di dunia,” jelas Iman.

Menjaganya agar tetap utuh dan menjadi sistem pilihan terbaik bangsa Indonesia, lanjut Iman, merupakan kewajiban bagi setiap warga negara, agar kebebasan berserikat, kebebasan berbicara, persamaan kedudukan dimata hukum tetap terjaga.

Sementara itu, Ketua Komunitas GBK yang diwakili oleh Wakil Ketua GBK Firman mengatakan, pihak GBK menyambut positif atas sosialisasi pemilu yang dijelaskan secara spesifik oleh Relasi basis komunitas. Informasi mengenai pemilu sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu disampaikan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini mengedukasi kita agar tidak hanya berperan sebagai pemilih saja, melainkan berperan aktif dalam pengawasan jalannya pemilu agar tetap jujur, adil dan suara demokrasi yang sudah disalurkan tetap terjaga kemurnian, kenetralan dan hasil perhitungan final sesuai dengan pemilih (tidak ada kecurangan),” tutur Firman.

Sebagai masyarakat Indonesia, lanjut Firman, perlu mengawasi bersama-sama proses Pemilu Serentak 2019. Karena acara demokrasi ini untuk kita semua, untuk kebaikan negara dan kita sendiri.

“GBK siap mensukseskan Pemilu dengan datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya. Tidak hanya itu, kita siap mengawal dan mengawasi juga. Dan Tidak hanya GBK saja, mudah mudahan semua masyarakat pada umumnya turut berpartisipasi untuk kesuksesan pemilu serentak tahun ini,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Komunitas GBK merupakan salah satu komunitas ojol (Ojek Online) di Kuningan dengan beranggotakan kurang lebih 145 orang. Sekretariat komunitas ini beralamat di Jalan Ir H Juanda, depan Kantor Baznas Kuningan. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com