Prihatin Sampah Menumpuk, Pemuda Bersihkan Sungai

KUNINGAN (MASS) – Merasa prihatin akan banyaknya sampah karena banyak yang membuang sampah ke sungai Cisanggarung, sekelompok pemuda yang terbentuk dalam suatu gerakan yang melibatkan Karang Taruna Formal Desa Luragung, KPA Karmapala SMA Negeri 1 Luragung, Forpita, KPA Compas, melakukan kegiatan pembersihan sungai.

Gerakan pembersihan sungai Cisanggarung ini bagian menyambut HUT Luragung Landeuh yang Ke 579, dan bertepatan akan di adakannya sebuah acara Munday.

Munday sendiri merupakan sebuah acara yang mana melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Luragung Landeuh yang turun ke sungai untuk mengambil ikan dengan menggunakan tangan kosong atau dalam istilah Luragung (Ngobeng).

Kegiatan pembersihan sampah sendiri di pimpin oleh  Ketua Karang Taruna Amun Maulana dan Senior Karmapala Deri Triyana. Adapun kegiatan sosial ini dilakukan di lingkungan di sekitar jembatan Cisanggarung dan juga area pesisir Sungai Cisanggarung.

Amun Maulana  menjelaskan gerakan itu ingin menyatukan setiap anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, terutama untuk sampah. Ia hanya mengharapkan ketulusan dari semua orang yang ingin bergabung dan mengambil bagian dalam aksi pembersihan.

“Kami tidak pernah memaksa siapa pun untuk berpartisipasi karena konsep dari awal adalah ketulusan dan waktu luang,” jelasnya.

Saat ini kegiatannya adalah aksi “Gerakan Peduli Sungai Cisanggarung” dengan tujuan mengedukasi para generasi muda, serta masyarakat setempat.

“Mari untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kami mengajak semua generasi milenial untuk sadar dan juga peduli akan lingkungan,” ujarnya Senin (2/9/2019).

Ia berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kesemua dan khususnya untuk lingkungan. Satu kegiatan berjuta kebaikan dan satu sampah berjuta musibah.

“Mari kita sadar akan pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan”  timpal Deri Triyana dari AK Karmapala. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com