Pesan Alumnus Universitas Yaman Pada Khutbah Idul Fitri

KUNINGAN (MASS) – Ribuan warga Kuningan  melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Syiarul Islam Kuningan. Saking banyaknya jamaah membludak hingga ke jalanan. Pelaksanaan salat ied di masjid kebanggaan Kuningan itu berlangsung lancar dan khidmat.

Pada salat Idul Fitri tahun ini Imam masjid dipercaykana kepada KH Mutamad Lc yang merupakan  Imam besar Syiarul Islam.  Sedangkan Khotib KH Dr Ja’far Atthoyyar MA Pengasuh Ponpes Al-Khoiriyah dan jjuga alumnus Universitas Al-Ahghaf Yaman.

Pada pesan khutbah yang disampaikan Ja’far menyoroti masalah tadisi mudik. Menurutunya, tradisi mudik merupakan hal yang baik untuk menyambung silaturhami dengan keluarga dekat maupun jauh. Apalagi dibarengi dengan berjabat tangan dan memafakan.

“Ini adalah bagian dari pada iman karena mudah memaaafkan terhadap muslim dan lapang dada terhadap kesalahan orang merupakan amal sholeh yang keutamaanya sangat besar,” jelasnya.

Hal ini  sebagaimana yang diriwayatkan Alhakim dan Uqbah bin Juhaini Rosullullah SAW bersabda yang artinya “Wahai Uqbah apakah aku tidak diberitahukan kepadamu mulia-mulyanya ahlak orang yang ada di dunia dan akhirat? yaitu menyambung orang-orang yang memutskan silaturahmi dan memberi hadiah kepada orang yang tidak pernah memberi hadiah kepadamu serta memaafkan orang yang mendzolimidan menyakitimu.

Seperti diketahui warga Kuningan mayoritas perantau sehingga momen lebaran bagi mereka sangat penting untuk besilaturahmi. Dengan mereka mengetahui makna silaturahmi maka seberapa jauh jarak akan ditempuh untuk mudik. Berkumpul dengan keluarga adalah momen paling indah. (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com