Pentingnya Menanamkan Nilai Moral pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar

KUNINGAN (MASS) – Nilai moral merupakan nilai yang sangat penting bagi manusia. Moral sendiri berasal dari sebuah nilai sesuatu. Suatu nilai yang dalam bentuk sebuh perilaku, etika maupun asusila.  Pendidikan nilai moral ini sangat perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh terutama di sekolah dasar agar dapat membangun generasi yang dapat berkualitas.

Walaupun pada dasarnya bahwa pendidikan nilai moral dilakukan oleh kedua orang tua nya, namun tetap saja sebagai seorang pendidik berperan penting dalam mewujudkan nilai moral tersebut di sekolah. Tidak hanya orang tua dan guru, masyarakatpun sangat berperan penting dalam membangun pendidikan karakter anak-anak muda agar dapat bermoral baik.

Banyak hal yang sering kita temui di sekitar kita dimana nilai moral anak kecil kurang baik. Beberapa hal mungkin pernah kita lihat dan dengar yaitu berbicara kasar kepada orang yang lebih tua, selalu membuat keributan, berperilaku tidak sopan. Itu semua hanya beberapa nilai moral yang kita sering temui dan lihat namun masih banyak nilai moral yang perlu diperbaiki.

Adapun faktor faktor yang mempengaruhi pergeseran nilai moral pada anak anak salah satu nya kurangnya pemahaman dari orang tua tentang berperilaku baik sopan dan santun dalam bermasyarakat terhadap teman sebaya maupun orang yang lebih tua. Namun tidak menutup kemungkinan dalam masa berkembang anak dapat terpengaruh dari lingkungan sekitar.

Oleh karena itu penting nya sebagai orang tua dan guru harus dan wajib menanamkan nilai moral yang lebih mendalam kepada anak agar anak mampu memiliki nilai moral yang lebih baik agar dapat membangun generasi muda yang lebih berkualitas.***

Penulis: Elsa Muharyatiningrum

Mahasiswi PGSD Uniku

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com