Munas PKS, Logo Baru dan Semangat Baru

KUNINGAN (MASS) – Dalam kegiatan Musyawarah Nasional (MUNAS) Partai Keadilan Sejahtera yang diadakan dari tanggal 26 – 29 November 2020 di Hotel Mason Pine Kota Parahiyangan Jawa Barat terjadi banyak kejutan.

Munas yang mengambil tagline “Bersama Melayani Rakyat” ini agenda utamanya adalah sosialisasi ketua Majlis Syura yang kembali diamanahkan kepada Habib DR Salim Segaf Aljufri MA dan Presiden PKS yang baru H. Ahmad Syaikhu dan seluruh bidang dan badan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Terdapat sosok sosok baru di jajaran pengurus pusat yang berasal dari kader profesional di bidang masing masing. Salah satu yang paling fenomenal adalah Dr Gamal Albinsaid sebagai ketua bidang kepemudaan DPP PKS. Dokter milenial yang punya prestasi Nasional dan internasional.

Dalam acara puncak disosialisasikan logo partai yang baru yang dengan latar belakang oranye. Warna oranye adalah simbol semangat, kejayaan, Optimis dan bernuansa muda. Pemilihan warna oranye sekaligus sebagai simbol pelayanan kepada masyarakat yang selama ini sudah dijalankan PKS dan akan diperkuat untuk masa yang akan datang.

Bentuk bulat melambangkan kesetaraan, keserasian, persatuan dan keserasian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Lambang bulan sabit kembar yang mengapit untaian padi tetap dipertahankan sebagai simbol keindahan, pencerahan dan keluhuran Islam dan kesejahteraan yang diperjuangkan PKS.

Mars dan Hymne partai pun mengalami perubahan. Lirik yang ditulis oleh mantan presiden PKS yang sekarang menjadi wakil ketua Majlis Syuro menggambarkan keislaman, kebangsaan dan kemanusiaan. Mars dan hymne diaransemen oleh musisi nasional Dwiki Darmawan dan dimainkan dengan apik oleh orkestra yang langsung di pimpin oleh Dwiki Darmawan dalam gelaran Munas.

Munas yang digelar secara ofline dan online ini mendapat apresiasi luas dimasyarakat dengan partisipasi virtual lebih kurang 20.000 peserta selain peserta yang hadir di arena Munas Parahiyangan. Banyak sekali tokoh nasional yang memberikan apresiasi dari pimpinan parpol seperti PDIP, Golkar, PKB, PAN dan lain lain.

Dari kalangan ormasy dan tokoh agama disampaikan oleh Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, PUI. Dari pejabat pemerintah juga menyampaikan apresiasi seperti Jaksa Agung, Menteri kordinator bidang Kemaritiman dan sejumlah akademisi dan tokoh nasional lainnya.

Bagi kami kader PKS, perubahan dan inovasi ini merupakan inspirasi untuk lebih baik lagi berkhidmat untuk masyarakat dalam menegakkan keadilan menuju kesejahteraan dan mencapai masyarakat adil makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.***

Penulis : Asril Rusli Muhammad LC, M.Pd (Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Kuningan)