Layakkah Festival Slalom Test Kuda Delman Jadi Olahraga Tradisional dan Pariwisata Baru?

KUNINGGAN (MASS)- Pada zaman now ini Kuda Kuningan tak lagi digunakan untuk berperang. Saat ini, kuda Kuningan digunakan untuk menarik delman. Berderet-deret delman berjajar rapi di Taman Kota Kuningan dan sekitarnya sebagai moda transportasi tradisional.

Melihat hal ini , sejumlah mahasiswa kuningan yg berkuliah di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terhimpun dalam  Kamuning  (Keluarga Mahasiswa Kuningan) mempunyai gagasan dan ide kreatif mengenai Kuda Delman yaitu menyelenggarakan Festival dan Lomba Slalom Test Kuda Delman.

Sudah 2 kali Festival dan Lomba Slalom Test Kuda Delman ini diselenggarakan pada awal tahun 2017 dan 2018 lalu, oleh Kamuning (KMK Bandung Raya). Peserta lomba pun meningkat pada awal tahun 2018 , bahkan media, TV Nasional dan TV lokal berdatangan meskipun tidak dikabari, ini menjadi Semangat baru bagi Kamuning.

Tujuan dari Festival dan Lomba Slalom Test ini untuk melestarikan kuda delman agar tetap ada, terawat, unik, bersih, kusir yg rapih, ramah tamah dan membantu pemerintah dalam peningkatan pariwisata daerah.
Namun kegiatan ini masih belum maksimal dalam support dan kolaborasinya dengan pemda serta dinas terkait. Terlebih Kamuning akan menyelenggarakan kembali Festival dan Lomba Slalom Test Kuda Delman ini pada Bulan Januari tahun 2019 nanti.

“Festival lomba Slalom Delman kantos dua kali abi ngiringan, Abi sareng brudak kusir bingah tur resep. Mudah mudahan aya deui sareng didukung ti pemerintah Kuningan, mudah”an oge janten olahraga tradisional” kata Mang Suitisno (kusir delman)

“Menurut kami dengan penuh rasa hormat, Kegiatan Festival dan Lomba Slalom Test Kuda Delman ini sangat layak utk disupport penuh oleh Pemerintah daerah/DISPORAPAR Kab.Kuningan, karena melalui ini kita dapat terus meningkatkan pariwisata kabupaten Kuningan, upaya menarik Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara. Dan semoga Festival dan Lomba Slalom Test Kuda Delman bisa menjadi Pariwisata Baru serta Olahraga Tradisional Baru . Aaminn YRA.” Kata Muhammad Ramdan (Pengurus Himpunan Mahasiswa Kuningan Indonesia)

Mari kita sebagai warga Kab.Kuningan bersama-sama berkolaborasi untuk peningkatan pariwisata daerah di tingkat Nasional maupun internasional menuju Kabupaten Kuningan yang Mandiri, Agamis dan Sejahtera***

Penulis  : Muhammad Ramdan

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com