Salam Tiga Jari

KUNINGAN (MASS) – Tanggal 4 Maret merupakan hari bersejarah bagi kuninganmass.com. Ya, tanggal 4 Maret  2016 kuninganmass.com ‘terbit’ kali pertama.

Meski saya tidak menjadi crew pertama kuninganmass.com. Tapi saya menjadi bagian dari sejarah perjalanan kuninganmass.com hingga bisa berdiri sampai tiga tahun ini.

Suka duka dilewati terutama dengan kawan sejati saya Deden Rijalul Umam. Kami jatuh bangun ‘membesarkan’ kuninganmass.com yang dulunya dipandang sebelah mata (tidak tahu sekarang apa masih semoga tidak he.. he.. he..).

Gedung Baraya (eks Kantor Samsat Kuningan) Jalan RE Martadinata No 25 Desa Ancaran Kecamatan Kuningan  akan menjadi tempat yang selalu dikenang. Di sanalah kami mengolah berita dan menshare ke pembaca setia.

Bahkan di kantor itu kami berdua punya lagu kebangsaan yakni Tum Hi Ho lagu India yang kala itu sedang hits.  Bahkan versi Sundanya Cingcang Keling pun kami molotok he he.

Lagu itu menjadi lagu pelipur lara kami ketika seharian lelah melakukan ‘senam jari’. Lagu itu selalu diputar dikala kami siap-siap akan pulang.

Tanggal 17 Robiul Akhir 1438 atau tanggal 16 Januari 2017 hari bersejarah karena Deden dan saya sepakat memulai petualangan baru di kuninganmass.com setelah keluar dari media cetak.

Kami berikrar kuninganmass.com akan dikelola dengan baik termasuk berdirinya nama PT Semangat Terus Melangkah. Nama PT itu lahir dari kami berdua saling SMS-an ketika kami memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya. Nama Semangat Terus Melangkah merupakan jimat bagi kami berdua untuk terus semangat mengarungi rintangan yang benar-benar berat.

Kami bena-benar kerja keras dan pulang larut malam menjadi hal biasa. Rasa lelah seharian mengolah berita terbayarkan ketika melihat jumlah pengunjung dan jumlah pembaca berita terus meningkat setiap harinya.

Bahkan kini pembaca setia kami sudah mencapai puluhan ribu dengan jumlah pengunjung diatas 3.000 per hari. Bagi kami ini sangat luar biasa terlebih baru berumur tiga tahun.

Dulu kami awam tentang media online karena memang kami berdua merupakan jebolan media cetak. Sejak 2004 menjadi wartawan media cetak sehingga cukup sulit keluar dari bayang-bayang itu.

Namun, teknologi ternyata ikut membantu kuninganmass.com berkembang. Ketika ponsel android bukan barang mewah dan begitu juga kuota internet bukan barang mahal, maka kuninganmass.com menjadi salah satu pilihan warga Kuningan untuk mengetahui informasi yang ada di kota kuda.

Kami berdua juga harus berterima kasih kepada dua teman saya yakni Ali dan Afan. Mereka berdua yang selama ini banyak membantu dibagian IT sehingga kuninganmass.com aman dari serangan para hacker.

Pernah dalam seminggu kami tidak ‘terbit’, mereka berdua yang bahu membahu memecahkan masalah sehingga web bisa diakses kembali. Itu masa yang terbilang sulit bagi kuninganmass.com.

Kuninganmass.com yang mempunyai jargon minimarket politik bukan media online pertama di kota kuda, tapi kini menjadi media online pertama di Kuningan yang sudah diakui oleh Dewan Pers.

Ibarat bayi yang berusai 3 tahun kami terus berlajar dan yang terpenting konsisten. Saya pribadi tidak sempurna tapi ingin lebih baik.

Saya ingin kuninganmass.com itu menjadi media yang benar-benar dibutuhkan warga Kuningan dan tentu membela hak-hak warga dan mampu mendengar jeritan-jeritan mereka.

Kami belum puas dengan dengan apa yang sekarang dicapai. Banyak hal yang perlu diperbaiki dan juga perlu ditingkatkan, terlebih ‘pesaing’ terus bermunculan.

Kami minta doa restu dari pembaca setia yang tidak lelah memberikan masukan kepada kuninganmasss.com. Cacian bagi kami adalah motivasi. Sedangkan pujian adalah racun sehingga kami akan terus berjuang tiap hari memberikan terbaik bagi pembaca setia kuninganmass.com sa alam dunya.

Terima kasih kami ucapakan bagi pembaca setia kuninganmass.com. Berdasarkan data dari analytics.google.com pembaca di 39 negara pernah mengakses kuninganmass.com merupakan warga Kuningan yang entah berkerja, sekolah atau menikah dan tinggal di tempat tersebut.

Selamat ulang tahun kuninganmass.com!***

 

Penulis adalah Agus ‘Sagi’ Mustawan

Wartawan kuninganmass.com sejak 2017.

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com