Dari Kuningan untuk Presiden Jokowi

KUNINGAN (MASS)-

Kepada Yang Mulia

Bapak Presiden Indonesia

Di

Jakakrta.

Assalamualaikum wr.. wb..

Teriring salam dan doa semoga bapak selallu senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dalam mengemban tugas negara yang kita cintai ini Amiinn…

Bapak Presiden yang mulia…

Mencermati dan mengikuti perkembangan situasi setiap hari yang terjadi saat ini dalam menghadapi Musibah COVID 19, ada kekhawatiran yang sangat besar yg kami rasakan akan terjadi kepada negara ini,

Korban meninggal dan korban terinfeksi virus Covid 19 yg melonjak sangat drastis saat ini tentunya tidak terlepas dari strategi dan cara pemerintah dala menangani wabah ini.

Saat ini bukan saja jakarta tapi semua provinsi di Indonesia mulai diserang wabah ini, kami sangat mendukung upaya yg sedang bapak lakukan saat ini, namun kami rasa upaya ini setiap saat harus diperbaharui dengan mencermati kasus-kasus penyebaran Covid 19 yang terjadi setiap saat.

Bapak Presiden yang mulia..

Saat ini kebijakan lock down, social distancing, penutupan rumah ibadah, dan beberapa metode lain ternyata belum efektif di tengah masyarakat, sehingga kami berpendapat bahwa daerah-daerah pandemik segera di karantina.

Tutup semua akses dari dan ke daerah tersebut terutama Jakarta, Jateng, Jatim, Jabar. dan provinsi lainya yang angka penyebaran wabah sangat cepat. Karantina ini teramat penting karena hampir diseluruh provinsi yg tertular datang dari daerah-daerah ini.

Jadi Karantina daerah menjadi kebutuhan dasar hari ini untuk memutus mata rantai penyebaran wabah ini. Tentunya dampak ekonami akan menjadi kendala serius bagi kita semua.

Tapi apa boleh buat dengan upaya inikkita bisa menghindari dan mengurangi korban yang jika tidak ditangani segera, mungkin saja kita akan sama dengan negara-negara yg telah mengalami penyebaran Covid 19 dengan angka korban terinfeksi yg sangat fantastik seperti Cina, Itali, Amerika dan lainya…

Bapak presidan yang mulia..

Selain itu Kami berpendapat bahwa untuk sementara seluruh APBN yang diperuntukan untuk pembangunan fisik, pengadan barang yg tidak urgen, dana Perjalanan Dinas baik itu DPR, DPD RI dan Kementrian dialih fungsikan ke penangan Covid 19 dengan menyediakan kebutuahan obat-obatan, medis dan paramedis dalam menjalankan tugas dan misi menuntaskan masalah Covid 19 ini.

Pemerintah harus menjamin ketersediaan pangan keseluruh pelosok negri, tentunya ketersedian pangan yang saya maksud bukan saja disediakan. Tapi dibagi secara gratis kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali selama wabah Covid 19 belum berhenti, mengingat lumpuhnya seluruh usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keseharian mereka.

Hal ini dapat dilakukan pemerintah dengan menyiapkan regulasi dan aturan pendukung lainya untuk bisa menjalankan semua ini..

Kami juga meminta agar bapak dapat menginstruksikan semua gubernur untuk menutup akses dari dan ke daerah-daerah pandemik tidak perlu ada kalimat dibatasi tapi dihentikan semua perjalanan dari dan ke provinsi-provinsi pandemik. Kecuali bagi medis dan para medis yang saat ini menjadi ujung tombak perjuangan bagi kita semua dalam menghadapi wabah ini..

Sekali lagi resiko ini memang berat karena keterpurukan ekonomi pasti akan kita hadapi ditambah dengan melonjaknya dolar dalam menekan rupiah di pasar internasional, tapi inilah kenyataan yang tidak bisa kita hindari.

Bapak Presiden yg mulia..

Ini adalah harapan dan solusi yang menurut kami patut dilakukan bapak presiden saat ini.

kami menaruh harapan besar kepada Bapak dan jajaran pemerintahan bapak, seraya bermunajat kepada Allah Tuhan sang pencipta agar bisa menyelesaikan masalah besar yg kita hadapi ini..

Demikian surat ini saya buat demi menyampaikan harapan yang kami anggap penting untuk diwujudkan,

Semoga bapak dan seluruh staf serta keluarga bapak senantiasa dilindungi dan diberkahi oleh Allah SWT.

Sekian dan trimakasih…

Wassalamualaikum wr.. wb..

Kuningan Jawa Barat Kecamatan

Cimahi 29 – 03 -2020

Tertanda

Syarifuddin Litiloly