Ayo ke Kuningan, Ayo Naik Delman

KUNINGAN (MASS)- Libur telah tiba.. bahagia rasanya mendengar kata libur, tanggal merah atau cuti bersama ditambah lagi zaman sekarang ada istilah hari kejepit nasional “harpitnas”, terkhusus bagi sebagian orang yang disibukkan oleh rutinitas kerja sehari-hari maupun sekolah dll.

Libur panjang akhir tahun menuju tahun 2019 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kita bersama keluarga tercinta untuk melepas penat, jenuh, lelah, refresh pikiran agar membangkitkan kembali semangat.

Tempat yang cocok untuk liburan zaman now ini yaitu di Kabupaten Kuningan. salah satu kabupaten dengan Destinasi Wisata terbaik di Jawa Barat.

Dengan segala keindahanannya dibawah kaki Gunung Ciremai dengan menyuguhkan pesona Alam, Budaya, Taman, Kuliner, dan tempat-tempat Swafoto menarik kekinian yg ASRI (Aman,Sehat,Rindang dan Indah).

Disamping itu, ada yg menarik lagi nih di Kabupaten Kuningan.. yaitu Naik Kuda Delman Kuningan.Teringat Nyanyian masa kecil yg Berjudul Naik Delman :

“Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota..Naik delman istimewa ku duduk di muka..Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja..Mengendarai kuda supaya baik jalannya..Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk..Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara s’patu kuda”

Kini kuda delman di Kuningan sudah cantik dihiasi pernak-pernik khas sunda yang menarik. Delman yang bersih, kusir yang ramah dan tarif yang murah menjadi daya tarik para penumpang.

Setiap hari berjajar beroperasi di Taman Kota Kuningan dan sekitarnya.Diwaktu malam pun kuda delman tetap beroperasi sampai pukul 22.30 WIB dan tidak kalah menariknya karena Kuda Delman ini dipasang Lampu warna-warni gemerlap.

Biar tidak penasaran..ayooo ajak keluarga, sahabat, teman dan yang lainnya naik kuda delman kuningan mengelilingi indah dan sejuknya Kabupaten Kuningan.

“Naik delman itu mengasyikkan, teringat masa kecil dan bernostalgia. Teringat pula kuda “Si Windu” dulu pada abad-15 yg kuat, bertenaga besar, tangguh, dan juga lincah/gesit ditulis dalam Sejarah Kuningan.

Dalam dokumen riwayat singkat hari jadi kota Kuningan juga diungkapkan bahwa kuda tangguh ini memiliki peran penting dalam perjalanan perang Sang Adipati Kuningan di sejumlah medan laga,seperti dalam arena pertempuran Galuh, Indramayu, dan juga Sunda Kelapa.

Semoga semangat para pejuang Kuningan terdahulu ada pada kita dimasa kini. Kepada seluruh warga Indonesia, warga Jawa Barat, warga netizen medsos dan khususnya warga Kuningan ayo berwisata di Kabupaten Kuningan dan Naik Kuda Delman”

Penulis : Muhammad Ramdan

(Pengurus Himpuan Mahasiswa Kuningan Indonesia-HMKI)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com