Agar Rasa Nasionalisme Tidak Luntur, Ayo Gabung Menwa!

KUNINGAN (MASS)- Saya selaku Bendahara DPP IARMI Jawa barat mengucapkan Dirgahayu Resimen Mahasiswa Mahawarman yang ke 60. Menwa ini di dirikan pada tgl 13 Juni 1959 oleh jendral AH Nasution.

Kebetulan saya pernah mengenyam berbagai pendidikan di Menwa dari mulai pendidikan dasar di LINUD 330 Cicalengka Kabupaten Bandung, pendidikan provos di DENPOM Cirebon. Lanjut Kursus Kader Pelaksana di Marinir Cilandak Jakarta.

Saya merasa bisa seperti sekarang ini karena banyak mendapat ilmu,pengalaman,relasi selama saya di Menwa. Menyimak Perkembangan dunia saat ini begitu pesat diiringi perkembangan teknologi informasi yang terus bergerak dengan cepat mempengaruhi pola pikir mahasiswa bahkan gaya hidup dalam kehidupan mahasiswa sehari-hari.

Di era globalisasi kita dapat melihat peranan mahasiswa/ pemuda Indonesia dalam membangun bangsa di nilai sangat kurang. Hal ini di sebabkan karena kurangnya perhatian para mahasiswa terhadap bangsa, dimana nilai akan rasa nasionalisme dikalangan generasi muda sudah mulai luntur.

Kondisi seperti ini bila kita biarkan akan menggerogoti nasionalisme bangsa kita khususnya nasionalisme generasi muda Indonesia. Informasi informasi negative yang dapat mengganggu mental dan moril generasi muda sangat mudah di akses dan sangat berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda bangsa kita.

Oleh sebab itu harus ada upaya yang di lakukan khususnya bagi generasi muda bagaimana kita menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman wawasan kebangsaan yang baik sehingga generasi muda memiliki daya tangkal yang baik terhadap segala sesuatu yang mengganggu stabilitas Negara Indonesia.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan khususnya bagi generasi muda pelajar sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan saya punya harapan kepada para rektor di daerah Kuningan seperti UNIKU, Al Ihya, STIKKU khususnya agar selalu mendorong mahasiswa ikut gabung di Menwa agar rasa nasionalisme mereka tergugah. ***

Penulis: Ahmad Jayadi

Tinggal di Desa Jatimulya Kecamatan Cidahu

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com