Mahasiswa-Pelajar Wujudkan Konservasi Lingkungan

KUNINGAN (Mass) – Sebagai wujud menjaga kelestarian dan konservasi alam, sejumlah mahasiswa dan pelajar melakukan kegiatan penghijauan di sejumlah titik. Kegiatan yang dikemas dengan program Hijaukan Bumi itu, digagas mahasiswa Uniku dari Fakultas Kehutanan dengan menggandeng para pelajar khususnya SMPN 6 Kuningan.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa-pelajar melakukan kegiatan penghijauan mulai dari penanaman dan pemeliharaan pohon, pembuatan lubang biopori, pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga, serta kampanye penggunaan kertas dan plastik. “Salah satu fungsi utama perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, selain fungsi pendidikan dan penelitian. Berpijak pada hal tersebut, Fakultas Kehutanan UNIKU melakukan inisiatif kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan yang cukup besar dengan tema utama Hijaukan Bumi,” ucap Dekan Fakultas Kehutanan Uniku, Ilham Adhya MSi kepada awak media usai kegiatan, Jumat (8/4).

Dikatakan, konsistensi keberlanjutan program terus dilakukan para mahasiswa khususnya FHut Uniku, dengan terus mensosialisasikan program tersebut. Terbukti, mahasiswa FHut kembali menggelar kegiatan seperti pembuatan lubang biopori, pembuatan kompos, pembuatan kerajinan dari sampah serta kampanye penggunaan kertas dan plastik di SMPN 6 Kuningan.

“No paper, No Plastic, No. Thank You merupakan yeal-yeal yang terus di suarakan oleh para siswa peserta kegiatan,” tandasnya.

Disebutkan, ada sebanyak 200 pelajar dari SMPN 6 Kuningan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Tidak hanya para siswa yang antusias, para guru dan staf yang dimotori Kepala Sekolah, Ida S MPd pun begitu antusias. Dalam acara itu, bukan hanya dirinya selaku dekan yang menghadiri, tapi juga para dosen dan mahasiswa.

“Sebagai bentuk keberlanjutan program, Fakultas Kehutanan UNIKU dan SMPN 6 Kuningan bersepakat menuangkan kerjasama dalam bentuk surat perjanjian kerjasama. Dimana, Fakultas Kehutanan Uniku berkomitmen untuk membina SMPN 6 Kuningan dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup sekolah,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com