Lapas Perlu Sosialisasi Pemilu

KUNINGAN (MASS) – Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 yang dilaksanakan oleh Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Kuningan di Lapas Kelas IIA Kuningan, Sabtu (9/2/1019), disambut baik oleh Kalapas Samsul Hidayat BcIP SH MH. Sosialisasi tersebut diikuti oleh tiga basis yaitu basis komunitas, basis berkebutuhan khusus, dan basis marjinal.

Kepala Lapalas Samsul Hidaya BcIP SH MH mengapresiasi terhadap sosialisasi yang dilakukan oleh kawan-kawan Relasi. Hal tersebut merupakan sosialisasi pertama yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIA Kuningan. Warga Lapas yang mengikuti sosialisasi merupakan perwakilan dari setiap kamar.

“Kepada warga lapas yang menerima materi sosialisasi agar dapat memahami materi kemepiluan. Sehingga setelah mengikuti kegiatan ini (sosialisasi) dapat menyampaikannya kembali ke warga lapas di masing masing kamar. Saya berharap kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan kembali di Lapas,” ucap Samsul, dalam sambutannya.

Ketua basis komunitas, Arie A Wijaya mengatakan, sosialisasi ini sangat penting karena akses informasi di Lapas tidak begitu banyak dan tidak sembarangan informasi yang masuk ke Lapas. Maka sosialisasi kepada warga Lapas Kelas IIA itu dipandang perlu dilaksanakan.

“Pada sosialisasi ini kami memberikan materi berupa pemahaman tentang pentingnya pemilu kepada para peserta pemilu di Lapas. Salah satu materinya yaitu pengenalan 5 surat suara dan tata cara pencoblosan untuk meminimalisir angka golput atau tidak sah,” jelas Arie.

Ditempat terpisah, Ketua KPU Kuningan melalui Kadiv Sosdiklih, SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Relasi ketiga basis tersebut sangat bagus. Sosialisasi tersebut memberi pencerahan kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Kuningan itu.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi yang dilaksanakan ketiga basis itu menumbuhkan kesadaran politik sehingga pada tanggal 17 April nanti bisa menyalurkan hak pilihnya,” harapnya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com