Kwarran Karangkancana Selenggarakan KMD

KUNINGAN (MASS) – Untuk mencetak pembina Pramuka tingkat dasar yang baik, Kwartir Ranting Karangkancana menyelenggarakan pelatihan Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD), (16-23/12/2018). Pelatihan KMD ini merupakan program kerja pengurus tahun 2018.

Ketua Kwarran Karangkancana S Budiman SPd MG menjelaskan, KMD ini merupakan pertama kali diselenggarakan di Pangkalan SDN 1 Karangkancana. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas gerakan pramuka dan menjadi ajang dalam meraih legalisasi sebagai Pembina Pramuka yang ideal.

“KMD ini selalu masuk proker dari tahun ke tahun. Namun setelah bertahun-tahun, baru kali ini bisa diselenggarakan di Ranting kami,” jelasnya.

Pelatihan yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, dan Aktifis kepramukaan yang berada di wilayah Karangkancana berjumlah 65 orang. Selain dari Karangkancana, dari kecamatan lain pun turut menjadi peserta pada KMD tahun ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Haerul Ibad, MPdI menjelaskan, pembukaan pelatihan KMD dilaksanakan pada Minggu (16/12/2018). Selama KMD, peserta akan mendapatkan materi yang diisi langsung oleh orang professional di bidangnya.

“Pelatihan KMD terbagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama, selama tiga hari peserta akan mendapatkan materi di ruangan mulai pukul 07.00-17.30 WIB,” papar Haerul.

Sedangkan sesi dua, lanjutnya, akan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan. Selama tiga hari, peserta akan mempraktekkan semua materi tentang kepramukaan yang telah didapatkan pada sesi pertama. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com