Kunjungi Pengrajin, Ketua Dekranasda Coba Membatik

KUNINGAN (Mass)- Disela-sela kesibukannya Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama menemui beberapa pengrajin di Wilayah Kabupaten Kuningan. Ada dua tempat yang dikunjungi oleh istri  orang nomor satu di Kuningan itu.

Kunjungan itu dilakuakn pada hari Senin pagi (13/2/2017) ke pengrajin ukiran di Desa Babakan Mulya dan pengrajin batik di Desa Cikubangsari. Ketua Dekranasda tidak sendrian tampak didampingi oleh Kepala Bagian Perekonomian U Kusmana Ssos MSi, Kasubag Sarana Perekonomian Asep Tomi Novian dan beberapa pengurus Dekranasda Kabupaten Kuningan.

“Hasil kerajinan di Kabupaten Kuningan sudah mempunyai kualitas yang sudah baik, tinggal dikemas dengan kemasan yang menarik agar mampu mencuri perhatian konsumen,” ucap Ika.

Dikatakan, akan banyak yang diperoleh ketika produk yang dihasilkan dikemas dengan,. Bukan hanya dapat meningkatkan penjualan tapi juga  bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena mampu menyerap tenaga kerja.

Ia berharap kedepan para pengrajin dengan pendampingan dari Dekranasda dapat meningkatkan pemasaran ke level yang lebih tinggi.  Jika ada peluang hasil kerajinan Kabupaten Kuningan dapat Go Internastional dan peluang itu terrbuka lebar terlebih sudah dilakukanya pasar bebas.

“Semua tidak ada yang tidak mungkin selama mau berusaha dan inovasi,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Bagian perekonomian U Kusmana berharap kepada para pengrajin agar terus meningkatkan kualitas hasil kerajinannya, sehingga mampu bersaing dengan kerajinan dari daerah lain.

“kerajinan Kabupaten Kuningan kedepan akan mendapatkan perhatian dalam bidang promosi dari Dekranasda Kabupaten Kuningan, jadi jangn kecil hati dan terus berkarya,” ujar mantan kabag umum setda Kuningan itu.

Diterangkan,  jika ada pameran yang bertarap nasional maupun internasional kerajinan Kabupaten Kuningan akan diikut sertakan dalam pameran tersebut. Hal ini  agar hasil kerajinan dapat dikenal ke berbagai daerah maupun mancanegara.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ketua Dekranasda berkenan mencoba membuat batik di pusat kerajinan batik Kabupaten Kuningan di Desa Cikubangsari. Ika sangat kagum dengan proses pembuatan batik. Ia berharap pengrajin terus bersemangat sehingga banyak karya yang muncul. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com