Jajanan Langka Ini Cocok Untuk Buka Puasa Lho!

KUNINGAN (Mass)- Berbuka puasa dengan aneka jajanan tempo dulu akan memberikan sensasi luar biasa. Ketika menyantap jajanan tersebut pikiran akan melayang ke masa dulu.

Salah satu penjual yang menyediakan jajanan tempo dulu adalah Agus. Penjual yang mangkal di pertokoaan Siliwangi ini menyediakan aneka jajanan tempo dulu.

Aneka jajajanan yang dijual oleh pria asal Majalengka itu merupakan satu-satunya yang ada di Kuningan. Sedikitnya dalam sehari Agus menyediakan lima aneka jenis jajanan yang terdiri dari pacar china, lupis ketan, candil, putri noong, klepong.

Menurut dia, tiap harinya hidangan ini selalu laris diburu masyarakat yang rindu makanan tempo dulu. Mereka rela antre memburu makanan ini terlebih pada bulan puasa.

“Kue-kue ini bahannya dari tepung beras dan tepung ketan. Lalu, ditamburi kelapa parut, gula pasir dan gula merah,” kata Agus.

Harga jualnya pun sangat terjangkau dimana untuk pacar china Rp4.000/porsi. Sedangkan kue yang lain rata-reta Rp700/satuan. Pembeli mau membeli berapa pun bisa dilayani karena kue ini merupakan jajanan murah meriah.

Agus mengaku, jajanan ini disukai karena tidak mengandung bahan pengawet dan yang utamanya rasanya tidak kalah dengan keu lainnya. Sehingga meski terjadi pergantian generasi kue ini selalu diminati dan pembelinya pun datang dari semua golongan masyarakat.

Diterangkan, untuk di Kuningan sendiri baru berjualan sekitar tujuh tahun. Tapi di Majalengka merupakan usaha turun temurun dan terus dikembngan.

Dipilihnya Kuningan karena wilayah ini langka yang menjual kue seperti ini. Meski pada momen tertentu selalu dijual oleh beberapa pedagang.

Setiap bulan puasa kata Agus, jumlah varian kue basah yang dijual selalu ditambah karena permintaan meningkat. Biasanya, konsumen membeli untuk dimakan pada saat buka puasa. “Karena tidak ada saingan jualan saya selalu laris tiap harinya dan memiliki pelanggan tetap,” akunya. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com